Malam Tahun Baru 2018: Ancol Berlakukan Sistem Parkir Terpusat

Untuk menyambut pesta perayaan malam tahun baru, Taman Impian Jaya Ancol mulai memberlakukan sistem parkir terpusat.
Amanda Kusumawardhani | 29 Desember 2017 13:42 WIB
Rencana akses tahun baru di Ancol - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA--Untuk menyambut pesta perayaan malam tahun baru, Taman Impian Jaya Ancol mulai memberlakukan sistem parkir terpusat.

Sentral Parkir merupakan upaya pengelola Ancol untuk mengurai kepadatan didalam kawasan Ancol terutama bagi kendaraan roda dua dan lebih.

Sistem parkir tersebut akan dibagi dalam tiga zona parkir yaitu Sentra Parkir Timur, Parkir Barat dan Parkir Tengah.

Dari total zonasi tersebut maka diperkirakan kawasan parkir Ancol mampu menampung sekitar 13.000 unit mobil dan 33.000 unit motor.

Pemberlakuan sistem ini dimulai pada 31 Desember 2017 (pukul 5.00 WIB) sampai 1 Januari 2018 (23.00 WIB).

Untuk memobilisasi pengunjung ke tempat rekreasi yang dituju, manajemen menyiapkan sekitar 112 bus wara wiri dan 3 rangkaian kereta sato sato yang beroperasi selama 24 jam.

Manajemen mengerahkan tim gabungan yang terdiri dari TNI, Polisi, Satpol PP, Pramuka, Dishub, P3K, Kebersihan, lifeguard dan torguide yang akan diturunkan untuk menjaga ketertiban dan kebersihan kawasan Ancol.

Fasilitas pendukung lain yang disiapkan yakni, 46 toilet,12 pos lifeguard, dan 11 unit ambulans.

"Dengan seluruh rangkaian persiapan ini, Ancol siap menerima ribuan pengunjung yang akan menghabiskan malam pergantian tahun" ujar Teuku Sahir Syahali, Direktur Rekreasi Taman Impian Jaya Ancol, mengutip keterangan resminya, Jumat (29/12).

Guna memudahkan pengunjung menuju kantong parkir yang disediakan, maka dibuat skema arus masuk dan keluar kawasan Ancol.

Bagi pengunjung yang menuju Ancol di bawah pukul 9 pagi diarahkan untuk memasuki pintu gerbang Carnaval dan setelah jam tersebut dapat masuk melalui gerbang barat, gerbang timur, gerbang marina dan tentunya gerbang carnaval.

"Pengaturan waktu masuk ini kami tujukan agar kantong parkir yang disediakan dapat optimal mengakomodir pengunjung" tambah Sahir.

Untuk menghindari kepadatan arus masuk dan keluar kendaraan maka pada 31/12 unit-unit rekreasi seperti Dufan, Seaworld Ancol, Atlantis Water Adventure dan Ocean Dream Samudra akan tutup lebih awal yaitu pukul 15.00 WIB.

Berikut informasi zonasi tersebut dan kapasitasnya:
- Zona Parkir Timur: terletak di area Pantai Carnaval. Untuk menuju area parkir ini pengunjung masuk melalui Pintu Gerbang Carnaval.
Kapasitas parkir mampu menampung 8.000 unit mobil dan 16.000 unit motor

-Zona Parkir Tengah: terletak di area parkir gondola, menuju area parkir ini pengunjung masuk melalui Pintu Gerbang Timur. Kapasitas parkir 7.000 unit motor.

-Zona Parkir Barat: terletak di area parkir Ecovention dan Pasar Seni. Menuju kantong parkir ini pengunjung masuk melalui Pintu Gerbang Barat. Kapasitas parkir 5.000 unit mobil dan 11.000 unit motor.

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
ancol

Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top