Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

DKI Dorong Perdagangan Produk Unggulan Antar Daerah

Gubernur DKI Jakarta berupaya mendorong peningkatan perdagangan produk unggulan dengan bekerja sama dengan pemerintah daerah lain di seluruh Indonesia.
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam peluncuran kartu Ok-Otrip, Kamis (14/12/2017)./ Dok.  Diskominfotik Pemprov DKI.
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam peluncuran kartu Ok-Otrip, Kamis (14/12/2017)./ Dok. Diskominfotik Pemprov DKI.

Bisnis.com, JAKARTA – Gubernur DKI Jakarta berupaya mendorong peningkatan perdagangan produk unggulan lewat kerja sama dengan pemerintah daerah lain di seluruh Indonesia.

Gubernur Provinsi DKI Jakarta Anies Baswedan mengungkapkan hal itu menjadi salah satu tujuan utama DKI Jakarta dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) di Bandung, Jawa Barat, Kamis (22/2/2018).

“Jadi, di kesempatan ini, kami mendatangani nota kesepahaman dengan beberapa provinsi untuk menyuplai kebutuhan di Jakarta, dari mulai pertanian hingga ekonomi kreatif,” kata Anies dalam keterangan resmi.

Adapun ruang lingkup kesepakatan bersama di antaranya menjalankan fungsi pertukaran informasi komoditas dan produk unggulan perdagangan serta peningkatan nilai transaksi perdagangan yang meliputi bidang pertanian, perkebunan, peternakan, perikanan, industri, kehutanan, pertambangan, dan ekonomi kreatif. ‎

Menurut Anies, penandatanganan kerja sama akan sangat penting untuk menunjang kehidupan warga di kota megapolitan seperti Jakarta.

“Bagi Ibu Kota, kerja sama antar daerah sangat penting, karena banyak kebutuhan yang bisa disuplai dari daerah lain. Sehingga, kita tidak perlu mendatangkan produk dari luar [negeri],” terangnya.

Syarat utama yang perlu dipenuhi guna menunjang suplai adalah efisiensi karena butuh biaya lebih untuk mengirim produk ke Jakarta.‎ Padahal, berlangsungnya perdagangan antar daerah yang lancar akan turut berdampak pada pengadaan infrastruktur yang lebih memadai.

"Karenanya, penting sekali kerja sama ini dimulai, sehingga akan meningkatkan volume perdagangan. Kalau volume perdagangan antar daerah itu meningkat, maka penyiapan infrastruktur akan jauh lebih memadai dan efisien,” imbuh Anies.‎

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper