Indonesia Tiru Persiapan Tokyo Menyambut Olimpiade

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan meniru kesiapan Jepang dalam menyelenggarakan Olimpiade Tokyo 2020.
Regi Yanuar Widhia Dinnata
Regi Yanuar Widhia Dinnata - Bisnis.com 22 Februari 2018  |  20:21 WIB
Indonesia Tiru Persiapan Tokyo Menyambut Olimpiade
Wakil Presiden Jusuf Kalla (kedua kanan) didampingi Ketua INASGOC Erick Thohir (kanan) meninjau proyek renovasi Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Selasa (3/10). - ANTARA/Sigid Kurniawan

Bisnis.com, JAKARTA -- Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan meniru kesiapan Jepang dalam menyelenggarakan Olimpiade Tokyo 2020.

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno mengatakan telah bertemu dengan Panitia Olimpiade Tokyo 2020 untuk mempelajari mengenai tata kelola transportasi selama perhelatan kompetisi olahraga tingkat dunia tersebut berlangsung nanti.

Hal ini perlu dipelajari oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta yang sebentar lagi akan mengadakan kegiatan Asian Games pada 2018.

Dia menjelaskan telah bertemu dengan Yuichi Matsumoto selaku Direktur Transportasi Divisi Venue Biro Olimpiade dan Paralimpik Tokyo 2020 di Tokyo, Jepang. Dalam pertemuan tersebut dia menyampaikan ada beberapa hal yang terkatir dengan kesiapan transportasi Jepang untuk bisa diterapkan di Ibu Kota.

“Salah satunya adalah pengaturan penonton yang menggunakan kereta dan pengaturan jalan atau tol untuk atlet,” kata Sandi dalam siaran pers yang diterima Bisnis, Kamis (22/2/2018).

Selain itu, dia menambahkan ada beberapa pekerjaan pembangunan di Jakarta yang harus dihentikan sementara. Adapun hal ini bermaksud agar tidak terjadi kemacetan yang disebabkan oleh pekerjaan kontruksi ataupun moda kendaraan berat seperti truk. Selain itu, pekerja kontruksi dan lainnya diharapkan untuk sementara tidak menggunakan akses utama ke arah Asian Games.

“Lalu memperbanyak acara besar lainnya dan memindahkan titik keramaian di lokasi yang berjauhan dengan venue. Agar keramaian tidak berkumpul di satu titik,” ungkapnya

Sementara itu, Sandi juga bertemu dengan jajaran perusahaan multinasional Jepang bernama Nippon Electric Corporation (NEC). Dia menyampaikan NEV telah menyatakan kesiapannya untuk bekerja sama dengan Pemprov DKI dalam pelaksanaan Asian Games 2018 nanti.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
asian games 2018

Editor : Martin Sihombing

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top