Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemprov DKI Dorong Warga Jakarta Hemat Listrik

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengimbau warga Jakarta untuk menggelar aksi pemadaman lamu selama 1 jam sebagai kampanye tentang hemat energi.
Ilustrasi pemadaman listrik./Antara-Fikri Yusuf
Ilustrasi pemadaman listrik./Antara-Fikri Yusuf

Bisnis.com, JAKARTA – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengimbau warga Jakarta untuk menggelar aksi pemadaman lamu selama 1 jam sebagai kampanye tentang hemat energi.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan menggelar aksi pemadaman lampu selama  1jam pada Sabtu (24/3/2018) nanti pada pukul 20.30 – 21.30 WIB.

Pemadaman lampu selama satu jam ini adalah aksi simbolis berisi pesan edukasi meningkatkan kesadaran masyarakat agar menghemat energi demi menjadikan Jakarta lebih lestari.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan memimpin aksi pemadaman lamu ini dimulai dari Pendopo Balai Kota, Jakarta Pusat.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Isnawa Adji mengatakan pada Sabtu malam besok lampu akan dimatikan selama 1 jam di tujuh ikon kota Jakarta, yaitu Gedung Balaikota, Monas, Patung Tugu Tani, Patung Pemuda, Patung Sudirman, Patung Arjuna Wiwaha, Monumen Selamat Datang, dan Simpang Susun Semanggi.

Adapun kegiatan ini terlaksana atas kerja sama dengan Dinas Perindustrian dan Energi, Dinas Kehutanan, dan Perusahaan Lisrik Negara DKI Jakarta (PLN Disjaya). “Kami juga memadamkan lampu di bangunan-bangunan pemerintah, yaitu kantor wali kota dan bupati, kantor kecamatan, dan kantor Dinas,” kata Isnawa dalam siaran pers pada Jumat (23/3/2018).

Berdasarkan hasil inventarisasi emisi gas rumah kaca di Jakarta pada 2015 dan 2016, sumber emisi terbesar datang dari penggunaan listrik.

Pemprov DKI Jakarta telah memiliki komitmen untuk menurunkan emisi gas rumah kaca yang dituangkan dalam Rencana Tata Ruang Wilayah 2030 dan Pergub Nomor 131 Tahun 2012 tentang Rencana Aksi Daerah Penurunan Emisi Gas Rumah Kaca.

Jakarta juga telah melakukan aksi-aksi terkait efisiensi energi, antara lain mengganti lampu penerangan jalan umum dengan lampu LED ramah lingkungan di 185.000 titik. Selain itu, mengimplementasikan efisiensi energi di gedung-gedung dengan mengeluarkan Grand Design of Green Building Jakarta.

Jakarta mulai aktif mengikuti aksi pemadaman lampu dalam rangka Kampanye Earth Hour sejak 10 tahun yang lalu. Adapun penghematan penggunaan listrik dalam aksi pemadaman lampu pada 2017 mencapai sebesar 157 MW, menghemat biaya hingga Rp172,4 juta, dan berrhasil mereduksi emisi gas rumah kaca sebesar 112,69 ton CO2 ekuivalen.

"Hal ini membuktikan bahwa hanya dengan memadamkan lampu selama satu jam, banyak penghematan yang kita dapatkan," ujarnya.

Pemprov DKI melalui Intruksi Gubernur (Ingub) Nomor 28 Tahun 2018 tentang Pemadaman Lampu pada Pelaksanaan Kampanye Earth Hour 2018, berharap agar warga Jakarta juga ikut melaksanakan aksi pemadaman lampu selama 1 jam pada pukul 20.30 – 21.30 WIB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper