Ganjil-Genap di Pintu Tol Cibubur 2, Polisi Terjunkan 10 Personel

olres Kota Depok mengerahkan 10 personel Satlantas untuk mengawasi uji coba ganjil genap di Pintu Tol Cibubur 2 pada Senin (16/4/2018).
JIBI | 16 April 2018 09:19 WIB
Sejumlah kendaraan melaju di Gerbang Tol Cibubur 2 Tol Jagorawi di Jakarta, Minggu (15/4). Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Kementerian Perhubungan akan menerapkan uji coba ganjil-genap di Tol Jagorawi pada gerbang tol Cibubur 2 arah Jakarta yang dimulai pada Senin (16/4) pukul 06.00-09.00 WIB untuk membantu mengurai kemacetan. - Antara

Bisnis.com, DEPOK - Polres Kota Depok mengerahkan 10 personel Satlantas untuk mengawasi uji coba ganjil genap di Pintu Tol Cibubur 2 pada Senin (16/4/2018).

Kepala Satuan Lalu Lintas Polresta Depok, Komisaris Sutomo, 10 personel itu akan mengarahkan pengendara yang tidak bisa melewati jalan tol untuk mencari jalur alternatif.

“Kami kerahkan 10 angota untuk diperbantukan saat penerapan ganjil genap,” kata Sutomo, Minggu (15/4/2018).

Pada hari ini, pengendara yang boleh memasuki gerbang tol itu adalah yang bernomor pelat genap karena tanggal hari ini juga genap, yaitu 16 April. Para petugas itu akan membantu mencegah macet pada hari pertama uji coba ganjil genap di tol Cibubur 2.

“Kami akan sediakan jalur memutar di sebelum pintu tol agar pengendara yang belum mengetahui kebijakan baru tersebut bisa berbalik arah,” katanya.

Diketahui, mulai Senin 16 April 2018, bagi warga Depok yang hendak ke Jakarta melalui Tol Cibubur 2, mulai diberlakukan uji coba kebijakan ganjil genap. Penerapan tersebut dilaksanakan mulai pukul 06.00 – 09.00.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Depok, Dadang Wihana mengatakan, pihaknya akan menerjunkan personel guna membantu aparat kepolisian mengatur lalu lintas di jalan tersebut.

“Kami akan berjaga di U-Turn sebelum memasuki pintu tol, ini untuk membantu pengguna jalan dan tidak menumpuk di gerbang tol,” kata Dadang, kemarin.

Dadang mengungkapkan, untuk penerapan awal adalah kendaraan berplat nomor belakang genap, karena uji coba pertama dilakukan adalah tanggal genap.

“Penerapan ganjil genap ini sesuai dengan tanggal, jadi kalau tanggalnya ganjil plat nomor belakangnya ganjil begitupun sebaliknya,” lanjut Dadang.

Dadang mengatakan selain menyiapkan personel pihaknya juga menganjurkan agar para pengguna kendaraan menggunakan transportasi publik.

“Tapi jika ingin tetap menggunakan kendaraan bisa melalui jalan Raya Bogor,” katanya.

Dadang memprediksi akan terjadi kemacetan di sepanjang Jalan Radar Auri pada saat uji coba sistem ganjil genap di Tol Cibubur 2.

“Makanya kami turunkan personil, kurang lebih ada 12 orang yang akan ditempatkan disana (jalan Radar Auri), kalau untuk di pintu tol, sudah ada pihak kepolisian dan BPTJ,” katanya.

 

 

Sumber : Tempo

Tag : ganjil genap
Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top