Ganjil-Genap di Tol Jakarta-Tangerang, Mobil Pelat Ganjil Dialihkan

BPTJ, Jasa Marga, Polda Metro Jaya dan Polres Metro Tangerang melakukan uji coba skema ganjil genap nomor pelat kendaraan di Tol Tangerang Merak menuju Jakarta, pagi ini, Senin (16/4/2018).
JIBI | 16 April 2018 09:26 WIB
Loading the player ...

Bisnis.com, TANGERANG - BPTJ, Jasa Marga, Polda Metro Jaya dan Polres Metro Tangerang melakukan uji coba skema ganjil genap nomor pelat kendaraan di Tol Tangerang Merak menuju Jakarta, pagi ini, Senin (16/4/2018).

Uji coba pembatasan kendaraan yang diberlakukan pada hari pertama ini adalah kendaraan berpelat genap dari gerbang tol Tangerang 2 dan Kunciran 2 karena tanggal hari ini juga genap yaitu 16 April 2018.

Berdasarkan pengamatan di gerbang tol Tangerang 2 petugas polisi, BPTJ, Jasa Marga dan Dinas Perhubungan Kota Tangerang mulai melakukan uji coba tepat pukul 6.00-09.00 WIB. Kendaraan berpelat ganjil yang melaju ke arah gerbang tol dihentikan.

Petugas menanyakan pengendara tujuannya ke mana. Jika tujuan pengendara arah Karawaci dan Merak kendaraan pelat genap dipersilakan lewat. Tapi jika pelat ganjil tujuan Jakarta dilarang lewat dan dialihkan ke arah Serpong.

Banyak pengendara khususnya perempuan yang terlihat bingung ketika petugas menghentikan mereka.

"Ada apa ini yah?," kata salah seorang pengendara wanita.

Ketika petugas bertanya tujuannya kemana, wanita berambut panjang itu mengaku akan ke Karawaci.

Selain kendaraan kecil, petugas juga menghalau kendaraan besar seperti truk dan kontainer untuk masuk gerbong tol Tangerang 2. Dampak dari penghentian kendaraan berpelat ganjil ini menyebabkan kepadatan kendaraan di Jalan MH Thamrin. Kemacetan lalu lintas terurai karena banyak polisi yang mengatur lalu lintas.

Traffic Control Service Manager Jasa Marga Cabang Tangerang-Jakarta, Bing Purwatadi mengatakan ada empat titik pemilihan kendaraan pada uji coba ganjil genap di Tol Tangerang Merak."

Di area Tangerang 2 ada tiga titik dan di Kunciran 2 ada 1 titik,"kata dia.

Sumber : Tempo

Tag : ganjil genap
Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top