Ganjil-Genap Diberlakukan, 30 Menit dari Tangerang ke Jakarta

Penerapan aturan ganjil-genap di ruas jalan tol Jakarta-Tangerang yang mulai diuji coba pada Senin (16/4/2018), berhasil menurunkan tingkat kemacetan.
Dewi Andriani | 16 April 2018 09:38 WIB
Loading the player ...

Bisnis.com, JAKARTA - Penerapan aturan ganjil-genap di ruas jalan tol Jakarta-Tangerang yang mulai diuji coba pada Senin (16/4/2018), berhasil menurunkan tingkat kemacetan.

Kepadatan lalu lintas yang biasanya terjadi setiap pagi, tampak berkurang pada hari pertama uji coba sistem ganjil genap dari Tangerang ke Jakarta.

Bahkan perjalanan dari Tangerang ke Jakarta yang biasanya ditempuh sekitar satu jam hingga satu setengah jam, hari ini hanya sekitar setengah jam.

Kemacetan hanya terjadi menjelang lampu merah perempatan Tomang. Selain tol Jakarta - Tangerang, pemerintah juga menerapkan sistem ganjil genap di ruas tol Jagorawi.

Kebijakan ganjil genap di tol diberlakukan pada pukul 06.00 hingga pukul 09.00 pagi.

Pada jalan tol Jakarta—Tangerang akan diberlakukan gerbang tol Kunciran 2 dan Tangerang 2. Adapun, untuk jalan tol Jagorawi ganjil genap diberlakukan pada gerbang tol Cibubur 2.

Sebelumnya, pada 12 Maret 2018, pemerintah telah menerapkan kebijakan ganjil genap di ruas tol Jakarta—Cikampek. Terbukti, kebijakan tersebut berhasil menurunkan rasio kapasitas jalan dengan volume kendaraan (V/C ratio) sebesar 46%.

Tag : ganjil genap
Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top