UNBK SMP di Jakarta Telat, Sandi Singgung Teknologi Zaman ‘Now’

Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno akan mengevaluasi pelaksanaan ujian nasional berbasis komputer atau UNBK SMP hari pertama yang terlambat karena server ngadat.
JIBI | 23 April 2018 14:26 WIB
Ilustrasi - Sejumlah siswa SMP berkebutuhan khusus mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di SMP Inklusi YBPK (Yayasan Badan Pendidikan Kristen) Kota Kediri, Jawa Timur, Senin (23/4). Sejumlah siswa kategori lambat belajar (Slow Learner) di sekolah tersebut lebih memilih membawa laptop milik sendiri dari rumah guna meningkatkan kepercayaan diri menyelesaikan soal ujian. - Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno akan mengevaluasi pelaksanaan ujian nasional berbasis komputer atau UNBK SMP hari pertama yang terlambat karena server ngadat.

“Kalau mau pakai teknologi digital dalam zaman now, ya kita harus pastikan infrastrukturnya siap. Ini menjadi bahan evaluasi kami," kata Sandiaga Uno di Balai Kota DKI Jakarta ada Senin (23/4/2018).

Pelaksanaan UNBK SMP di Jakarta pada hari pertama mengalami kendala karena masalah pada server di Pusat Penilaian Pendidikan (Puspendik). Ujian baru bisa dilaksanakan pada Senin 23 April 2018 pukul 08.45 WIB, terlambat 45 menit dari jadwal seharusnya pukul 08.00 WIB.

Sandiaga belum memastikan akan melakukan sidak ke sekolah-sekolah yang menyelenggarakan UNBK. Dia mengaku tak ingin menambah beban sekolah dengan sidak.

"Saya enggak mau menambah beban eksekutor di lapangan untuk melayani kunjungan-kunjungan kami dalam saat yang krusial," ujarnya.

Sandiaga melanjutkan, evaluasi akan dilakukan dengan memeriksa perencanaan dan data-data di lapangan terkait UNBK. Dia juga akan berkoordinasi terlebih dulu dengan atasannya, Anies Baswedan, terkait evaluasi yang akan dilakukan.

"Saya nanti koordinasi dengan Pak Gubernur, karena beliau dulu Menteri Pendidikan, salah satu yang paling sukses di Indonesia. Kami lihat nanti bagaimana evaluasinya," kata Sandiaga menjelaskan soal UNBK hari pertama yang bermasalah.

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
ujian nasional

Sumber : Tempo
Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top