Soal Potongan 50% Pajak Tiket Asian Games, Ini Komentar Erick Thohir

Ketua Inasgoc Erick Thohir meminta Pemprov DKI Jakarta bergerak cepat untuk mendapat keputusan terkait dengan pembebasan pajak tiket Asian Games 2018.
Feni Freycinetia Fitriani | 21 Mei 2018 14:31 WIB
Ketua Inasgoc Erick Thohir berdiri di antara maskot-maskot Asian Games 2018. - Reuters/Willy Kurniawan

Bisnis.com, JAKARTA – Ketua Inasgoc (Indonesia Asian Games 2018 Organizing Committee) Erick Thohir meminta Pemprov DKI Jakarta bergerak cepat untuk mendapat keputusan terkait dengan pembebasan pajak tiket Asian Games 2018.

"Saya rasa Pemprov DKI di bawah pimpinan Pak Wagub [Sandiaga Uno] terus melakukan meeting mingguan untuk mencari solusi untuk Asian Games," katanya di Balai Kota DKI pada Senin (21/5/2018).

Dia juga meminta kepastian pemerintah Ibu Kota terkait pajak tiket pertandingan. Pasalnya, Pemprov Sumatra Selatan dan Pemprov Jawa Barat sudah memastikan menghapus pajak tiket pertandingan.

Apalagi, lanjutnya, waktu penyelenggaraan event olahraga terbesar se-Asia itu tinggal 89 hari jelang pembukaan 18 Agustus 2018.

"Sekarang kita harus action oriented tidak hanya planning. Tentu tinggal 89 hari kita juga masih terus tambahkan kemajuan atau terobosan lain sehingga bisa berjalan lancar," tambahnya.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno memastikan Pemprov DKI akan memberikan potongan atau diskon sebesar 50% untuk tiket Asian Games 2018.

Dia menuturkan pihaknya tidak dapat membebaskan pajak tiket secara penuh seperti yang sudah dilakukan oleh Pemprov Sumatra Selatan dan Jawa Barat. Pasalnya, Pemprov DKI masih terganjal Perda No. 6/2010 tentang Ketentuan Umum Pajak Daerah.

Pasal 42 ayat (1) menyebutkan atas permohonan wajib pajak, Gubernur dapat memberikan pengurangan pajak setinggi-tingginya 50% dari pokok pajak.

"Untuk Inasgoc kalau minta pajak dihapus 100% kami enggak nemu asasnya. Saya harap Pak Erick [Thohir] sabar, kami cari solusinya," ucap Sandiaga.

Tag : Asian Games 2018
Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top