Harga Tiket Pembukaan Asian Games Paling Murah Rp750.000, Warga Protes

Namun, dia buru-buru berubah pikiran setelah membaca berita soal harga tiket yang tidak masuk akal. "Harga Tiket opening ceremony berkisar Rp750.000-Rp5 juta. Wah, mahal banget ya," ungkapnya.
Feni Freycinetia Fitriani | 03 Juli 2018 15:15 WIB
Tiket Asian Games 2018 - Bisnis/Nur Faiza

Bisnis.com, JAKARTA -- Perhelatan Asian Games tinggal menghitung hari. Pada 18 Agustus mendatang, INASGOC bakal menyelenggarakan upacara pembukaan atau opening ceremony di Gelora Bung Karno (GBK) Senayan, Jakarta Selatan.

Setelah itu, para atlet dari berbagai cabang olahraga siap bertarung memperebutkan gelar juara sekaligus menasbihkan diri sebagai jagoan terbaik se-Asia.

Masyarakat Indonesia, khususnya warga Jakarta, tak mau kalah ikut memeriahkan suasana. Pemerintah bahkan sudah meminta agar masyarakat ikut mendukung Tim Nasional Indonesia dengan menonton langsung di arena.

Sayangnya, antusiasme ini harus dihadang sebuah masalah, yaitu mahalnya harga tiket untuk menonton cabang olah raga saat Asian Games 2018.

Hal inilah yang dirasakan oleh Gilang Ramayani. Ibu dua tersebut sangat ingin menonton pertandingan renang. Namun, perempuan yang berprofesi sebagai pelatih renang anak-anak tersebut nampaknya harus berpikir ulang sebelum merealisasikan niatnya.

"Tiket Asian Games Mahal banget. Final renang bisa Rp300.000 per hari, sementara pre-eliminary Rp150.000. Jadi mikir-mikir mau nonton langsung," ujarnya ketika berbincang dengan Bisnis, Selasa (3/7/2018).

Dia menuturkan harga tiket di atas Rp100.000 jelas memberatkan masyarakat. Pasalnya, menonton pertandingan olah raga bukanlah kebiasaan masyarakat Indonesia. Berbeda dengan nonton film di bioskop.

Awalnya, Gilang memprediksi harga tiket untuk masing-masing cabang olah raga berkisar Rp50.000-Rp75.000 per orang. Jika di bawah Rp100.000, masyarakat secara psikologis merasa harga tiket cukup terjangkau.

Menurutnya, pemerintah harus menurunkan harga tiket Asian Games jika ingin stadiun atau venue olah raga terisi penuh oleh penonton. INASGOC juga sebaiknya tidak mencari keuntungan melalui penjualan tiket. "Kalau motifnya balik modal seharusnya jangan lewat tiket, mungkin bisa jual merchandise resmi," ungkapnya.

Senada dengan Gilang, Nicky juga merasa harga tiket Asian Games terlampau mahal. Karyawati swasta tersebut awalnya ingin menonton opening ceremony.

Namun, dia buru-buru berubah pikiran setelah membaca berita soal harga tiket yang tidak masuk akal. "Harga Tiket opening ceremony berkisar Rp750.000-Rp2 juta. Wah, mahal banget ya," ungkapnya.

Dia menuturkan dengan harga tiket semahal itu, hanya kalangan menengah ke atas saja yang mampu membelinya. Opsi untuk menonton langsung p tvun harus diganti dengan melihat dari layar semata.

"Kalau harganya enggak turun, saya lebih baik nonton dari televisi saja. Sayang, niat baik pemerintah menggaungkan Asian Games bisa-bisa gagal karena enggak banyak Orang yang mau nonton," katanya.

Seperti diketahui, Panitia Penyelenggara Asian Games atau INASGOC menetapkan harga tiket pembukaan pesta olahraga Asia itu mulai Rp750.000 hingga Rp 2 juta. Tiket untuk acara 18 Agustus itu akan mulai dijual pada pertengahan Juli 2018. INASGOC akan menjual sebanyak 40 ribut tiket upacara pembukaan Asian Games 2018 untuk umum. 

Tag : Asian Games 2018
Editor : Fajar Sidik

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top