6 RUAS TOL DALAM KOTA: Seksi Kelapa Gading-Pulo Gebang Ditargetkan Beroperasi Semester II/2019

Pemprov DKI Jakarta mendorong percepatan pembangunan proyek enam ruas tol dalam kota yang dikerjakan oleh PT Jakarta Toll Road Development (JTD).
Feni Freycinetia Fitriani | 11 Juli 2018 20:21 WIB
Sandiaga Uno - Nur Faizah al Bahriyatul Baqiroh

Bisnis.com, JAKARTA -- Pemprov DKI Jakarta mendorong percepatan pembangunan proyek enam ruas tol dalam kota yang dikerjakan oleh PT Jakarta Toll Road Development (JTD).

Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno mengatakan pihaknya melihat kesiapan konstruksi untuk Fase I Seksi A yang mengubungkan Kelapa Gading dengan Pulo Gebang.

"Luas seksi A 9 km dan bakal menghubungkan Jakarta Utara ke Jakarta Timur. InsyaAllah on track on schedule diselesaikan pertengahan tahun depan sudah bisa commercial operation," katanya, Rabu (11/7/2018).

Dia menuturkan Pemprov DKI akan menggenjot pembangunan infrastruktur untuk memastikan kelancaran transportasi di dalam kota.

Menurutnya, adanya jalan tol ruas Semanan-Pulo Gebang ini akan menjadi urat nadi kendaraan Ibu Kota yang akan berpindah dari Barat ke Timur.

"Karena sebetulnya kan banyak through traffic itu sekitar 46-48% di DKI, barat ke timur maupun sebaliknya. Saya bilang tantangan terberat itu mengembangkan kawasan Timur, semoga bisa lebih bergairah," ungkapnya.

Setelah tahap I, JTRD rencananya akan memulai proses pembangunan tahap II dan III proyek enam ruas tol dalam kota Jakarta secara parallel.

Tahap II nantinya akan meliputi Duri Pulo--Kampung Melayu sepanjang 12,65 km dan Kemayoran--Kampung Melayu sepanjang 9,60 km. Sementara itu, tahap III meliputi Ulujami—Tanah Abang dan Pasar Minggu—Casablanca.

Tag : jalan tol
Editor : Martin Sihombing

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top