Anies : Saya yang Instruksikan Kali Item Ditutup Kain Hitam

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan dirinya yang meminta Kali Item di Samping Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta Pusat ditutup kain hitam
Feni Freycinetia Fitriani | 20 Juli 2018 16:03 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan ditemani jajarannya - Feni Freycinetia Fitriani

Bisnis.com, JAKARTA--Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan dirinya yang meminta Kali Item di Samping Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta Pusat ditutup kain hitam

Dia menuturkan kain hitam itu sebetulnya merupakan jaring tipis untuk menutup bagian atas Kali Item. Menurutnya, sungai yang disebut Kali Sentiong tersebut memiliki masalah yang cukup tinggi.

"Jadi air yang mengalir ke sana polusinya tinggi sampai warnanya hitam dan aromanya bau. Saya yang menginstruksikan memang, setelah berdiskusi dengan beberapa orang pakar," katanya di Balai Kota DKI, Jumat (20/7/2018).

Dia menuturkan permasalahan bukan sekadar Kali Item yang berwarna hitam pekat. Pasalnya, gara-gara sudah banyak polusi kali tersebut sering mengeluarkan bau tak sedap saat siang hari.

Apalagi, Kali Item terletak tepat di samping area kafetaria Kampung Atlet yang sudah pasti akan dipenuhi atlet dan official dari berbagai negara.

Menurutnya, alasan pemasangan jaring di atas permukaan Kali Item untuk mengurangi bau akibat penguapan air yang terkena sinar matahari.

"Setiap siang dan sore Hari aroma dari sungai itu terhembus angin dan tercium di lingkungan sekitar. Dengan adanya jaring, diharapkan mengurangi evaporasi," lanjutnya.

Anies mengatakan pihaknya akan melakukan tindakan lanjutan guna mengurangi bau dan polusi udara yang muncul dari Kali Item. Dia menginstruksikan Dinas Lingkungan Hidup untuk mengeksekusi.

Salah satu caranya dengan meminta pengelola atau pemilik pabrik tahu agar tidak lagi membuang limbah ke kali. Dia juga akan menyiapkan pohon di Kiri kanan Kali Item

"Kami lakukan beautifikasi, kampung-kampung di sana nanti. Tempat pengolahan sampah juga dipindah. Jadi memang ada ikhtiar untuk beautifikasi daerah situ karena seluruh atlet akan berada di sana," kata Anies.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
anies baswedan

Editor : Rustam Agus

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top