Pertama di Indonesia, Gardu Induk Listrik 'Underground' Segera Dibangun di Monas

PT Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta memulai pra-kontruksi Koridor II Fase II rute Bundaran Hotel Indonesia-Kampung Bandan.
Feni Freycinetia Fitriani | 27 Juli 2018 09:09 WIB
Warga berolah raga dengan latar belakang Tugu Monas di Jakarta, Jumat (4/8). Monas disorot lampu warna ASEAN hingga 8 Agustus 2017 untuk memperingati 50 tahun dibentuknya lembaga kerjasama negara-negara kawasan Asia Tenggara. ANTARA FOTO/Wahyu Putro A - ama

Bisnis.com, JAKARTA - PT Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta memulai pra-kontruksi Koridor II Fase II rute Bundaran Hotel Indonesia-Kampung Bandan.

Direktur Konstruksi PT MRT JAKARTA Silvia Halim mengatakan sebagai langkah awal pihaknya akan membangun gardu induk listrik di kawasan Monas, Jakarta Pusat. Gardu induk Monas nantinya akan digunakan untuk memastikan pasokan listrik fase II. Namun, fasilitas ini tidak akan dibangun di atas permukaan tanah.

"Pekerjaan di Monas bakal menjadi gardu induk underground pertama di Indonesia," katanya, Kamis (26/7/2018).

Salah satu alasan pembangunan gardu di bawah tanah agar lahan di kawasan Monas tetap bisa digunakan untuk taman dan ruang publik. Meski baru pertama di Indonesia, mantan karyawan Land Transport Autority Singapura tersebut mengungkapkan proyek sejenis sudah dilakukan di negara-negara maju. Dengan begitu, kontraktor yang memenangkan lelang tinggal mengikuti teknologi yang telah ada.

"Soal keamanan tidak ada masalah. Ini memang proyek pertama di Indonesia, tetapi sudah dilakukan di banyak negara," ungkap Silvia.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meresmikan Gardu Distribusi Listrik (Receiving Substation/RSS) di Taman Sambas, Jakarta Selatan. RSS yang dipasok listrik oleh PLN sebesar 60 juta volt amper (VA).

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
mrt

Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top