Gratis Pakai 'Bike Sharing' di Monas, Begini Caranya!

Sebagai bentuk komitmen operator untuk melakukan sosialisasi terhadap layanan baru ini, seluruh fasilitas penyewaan sepeda atau 'bike sharing' di area Monas dapat dipinjam dengan gratis.
Feni Freycinetia Fitriani | 27 Juli 2018 12:12 WIB
Ilustrasi - Presiden Joko Widodo bersepeda dari Istana. Minggu (20/8 - 2017).

Bisnis.com, JAKARTA - Sebagai bentuk komitmen operator untuk melakukan sosialisasi terhadap layanan baru ini, seluruh fasilitas penyewaan sepeda atau 'bike sharing' di area Monas dapat dipinjam dengan gratis.

Direktur Utama PT Surya Teknologi Perkasa (GOWES) Iwan Suryaputra mengatakan uji coba menandai langkah awal diterapkannya sistem 'bike sharing' di Jakarta. Dia berharap dukungan dari pemerintah dan semua pihak agar sepeda dapat menjadi opsi transportasi jarak pendek utama bagi masyarakat Indonesia.

"Apalagi kita tahu dampak positif yang dihasilkan seperti bebas polusi udara, bebas polusi suara, serta biaya yang terjangkau dan aman untuk digunakan seluruh kalangan maupun usia," katanya, Jumat (27/7/2018).

Untuk memulai peminjaman sepeda, setiap pengguna harus meng-install aplikasi GOWES dan membuka kunci sepeda melalui aplikasi. Setelah selesai menggunakan, pengguna cukup melakukan penguncian secara manual di lokasi parkir sepeda yang tersebar di tujuh titik.

Dengan begitu, sepeda dapat digunakan oleh pengguna lainnya. Saat ini, tersedia 100 sepeda yang dapat digunakan oleh para pengunjung Monas pada masa uji coba selama kurang lebih tiga bulan.

Institute for Transportation & Development Policy (ITDP) Indonesia turut menyambut baik pelaksanaan uji coba 'bike sharing' di Jakarta.

Ini merupakan itikad baik Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam pembangunan kota berbasis non-kendaraan bermotor pribadi yang lebih ramah lingkungan. Sistem 'bike sharing' di area terbuka dapat memaksimalkan fungsi utama sistem 'bike sharing', yakni sebagai solusi angkutan umum di Jakarta.

Tag : monas
Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top