Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ternyata, dari 56 Kelurahan di Jakbar Baru 3 Kelurahan Bebas Buang Air Besar Sembarangan

Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Salahuddin Uno mengajak warga untuk melakukan budaya bersih di lingkungannya.
Toilet/Istimewa
Toilet/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Salahuddin Uno mengajak warga untuk melakukan budaya bersih di lingkungannya.

"Tentunya sukses kita untuk mengubah perilaku masyarakat di mana buang sampahnya," kata Sandiaga di Balai Kota DKI Jakarta, Jumat (27/7/2018).

Hal tersebut  dikatakan Sandiaga karena kawasan Jakarta Barat sampai saat ini ternyata belum termasuk daerah bebas buang air besar (BAB) sembarangan atau ODF (Open Defecation Free).

Dari 56 kelurahan yang ada, baru tiga kelurahan mendeklarasikan ODF.

Masih ada enam kelurahan lainnya di Jakarta Barat yang siap untuk diverifikasi lima pilar Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) dan mendeklarasikan diri sebagai kelurahan ODF.

"Iya yang itu juga salah satu keinginan kita, Asian Games ini digunakan menghadirkan fasilitas publik yang yang lebih diprioritaskan untuk masyarakat khususnya masyarakat kelas bawah," kata Sandiaga.

Sebelumnya, Kelurahan Duri Utara, Kecamatan Tambora Jakarta Barat telah mendeklarasikan bebas buang air besar sembarangan atau ODF.

Kelurahan Duri Utara adalah satu dari 12 kelurahan di DKI Jakarta yang mendeklarasikan ODF karena telah melewati tahapan dalam pelaksanaan kegiatan lima pilar Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM).

Kelima pilar STBM adalah setop buang air besar sembarangan, cuci tangan pakai sabun, pengelolaan air minum rumah tangga, pengelolaan sampah rumah tangga dan pengelolaan limbah cair rumah tangga.

Untuk ODF, Kementerian Kesehatan memiliki sistem yakni e-Monev STBM (kegiatan monitoring dan evaluasi STBM secara dalam jaringan) dan Kelurahan Duri Utara telah dinyatakan sebagai kelurahan ODF.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler