Trotoar Pelangi Kembali Dicat Hitam Putih, Ini Pembelaan Sandiaga

Wakil GUbernur DKI Jakarta Sandiaga Uno membenarkan sisi trotoar di beberapa ruas jalan yang sempat dicat warna-warni kini dikembalikan ke warna semula, yaitu hitam putih.
Feni Freycinetia Fitriani | 31 Juli 2018 17:31 WIB
Petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) mengecat trotoar di kawasan Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Senin (30/7). Pengecatan tersebut dilakukan untuk menyambut HUT Ke-73 RI dan Asian Games 2018 - ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

Bisnis.com, JAKARTA -- Wakil GUbernur DKI Jakarta Sandiaga Uno membenarkan sisi trotoar di beberapa ruas jalan yang sempat dicat warna-warni kini dikembalikan ke warna semula, yaitu hitam putih.

Menurutnya, pengecatan tersebut menunjukkan antusiasme warga dalam menyambut pesta olah raga Asian Games 2018 yang sebentar lagi digelar di Ibu Kota.

"[Pengecatan trotoar] Bentuk antusiasme warga. Namun, ada kearifan yang perlu kita lihat juga peraturan yang harus disesuaikan," ujar Sandiaga di kantor PT MRT Jakarta, Selasa (31/7/2018).

Peraturan yang dimaksud terkait ketetapan soal marka jalan. Pasalnya, warna marka jalan, termasuk sisi trotoar hitam putih memiliki arti universal yang memang diterapkan oleh semua negara di dunia.

Meski demikian, kreativitas Petugas Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) yang mengecat sisi trotoar dan pembatas jalan dengan cat warna-warni dipandang ingin menunjukkan bahwa Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta siap menyambut Asian Games.

"Ini menunjukkan kepada Pak Presiden, Gubernur, Menteri-menteri bahwa masyarakat sangat antusias menyambut Asian Games," ungkapnya.

Sandi menambah upaya mempercantik berbagai fasilitas umum di Ibu Kota hampir selesai. Contohnya, pembangunan trotoar di Sudirman-Thamrin, pembongkaran Jembatan Penyeberangan Orang (JPO), serta aktivasi pelican crossing di Bundaran Hotel Indonesia (HI).

Meski demikian, sertifikasi untuk rute maraton agak mundur dari Indonesia Asian Games 2018 Organizing Committee (INASGOC) dan baru bisa dipastikan beberapa hari ke depan.

Sisi trotoar hitam putih yang sempat dicat warna-warni tersebar di beberapa lokasi, antara lain Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Pasar Rebo, Jalan Warung Jati Barat, serta beton separator busway yang sudah terpasang di beberapa koridor.

Pekerja mengecat flyover di Kawasan Kemayoran, Jakarta, Sabtu (28/7). Kegiatan tersebut

Tag : pemprov dki jakarta, Asian Games 2018
Editor : Annisa Margrit

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top