Ditinggal Sandiaga, Apa Kabar Program Rumah DP Rp0?

Majunya mantan Wakil Gubernur DKI Sandiaga Uno dari Balai Kota DKI untuk menjadi Calon Wakil Presiden meninggalkan pekerjaan rumah bagi Gubernur Anies Baswedan.
Feni Freycinetia Fitriani | 06 September 2018 11:43 WIB
Rumah DP nol rupiah di Rorotan Cilincing Jakarta Utara - JIBI/Nur Faizah al Bahriyatul Baqiroh

Bisnis.com, JAKARTA - Majunya mantan Wakil Gubernur DKI Sandiaga Uno menjadi calon wakil presiden meninggalkan pekerjaan rumah bagi Gubernur Anies Baswedan.

Beberapa program unggulan pasangan tersebut yang digaungkan pada kampanye Pilkada DKI 2017 terlihat jalan di tempat, misalnya program Rumah DP Rp0, OKE-OCE, dan lainnya.

Anies pun menangkis anggapan bahwa program unggulan tersebut tak berjalan karena telah ditinggalkan inisiatornya. Terutama Rumah DP Rp0.

"Jalan terus kok. Begini, kalau tidak ada berita bukan berarti tidak ada pergerakan," katanya di kawasan Ancol, Jakarta Utara, Kamis (6/9/2018).

Anies  mengatakan saat ini memang dia maupun satuan kerja perangkat daerah (SKPD) tidak pernah mengumumkan progres pembangunan proyek perdana DP Rp0 yang ada di Pondok Kelapa, Jakarta Timur.

Proyek yang diberi nama "Klapa Village" tersebut digarap oleh BUMD DKI PD Pembangunan Sarana Jaya.

"Justru kalau kita banyak berkabar, apa yang dikerjakan? Itu jalan terus," ungkapnya.

Mantan menteri pendidikan itu meminta semua pihak tak perlu khawatir karena DP Rp0 merupakan program prioritas. Dia juga menginstruksikan agar warga tidak mendebat kinerja Pemprov DKI.

Meskipun, hingga saat ini banyak pihak mempertanyakan sistem subsidi DP dan proses penjualan unit Klapa Village. Pasalnya, Anies tak kunjung menerbitkan Peraturan Gubernur yang mengatur segala jenis finansial, termasuk kredit kepemilikan rumah dan pihak mana saja yang dapat memilikinya.

Anies memastikan program DP Rp0 dapat direalisasikan karena berdasarkan pengalaman pribadinya.

"DP Rp0 itu pengalaman pribadi saya ketika mulai di Jakarta. Saya pindah ke Jakarta dari nol. Kalau dulu tidak ada support tanpa DP mana mungkin saya bisa punya rumah? Jadi dari pengalaman pribadi itu, saya merasa banyak sekali nanti yang kan mendapat solusi yang sama," jelasnya.

Seperti diketahui, Groundbreaking DP Rp0 dilakukan di kawasan Klapa Village, Jalan H Naman, Pondok Kelapa, Duren Sawit, Jakarta Timur pada 18 Januari silam. Kawasan ini terletak di samping Tempat Pemakaman Umum (TPU) Pondok Kelapa.

Tag : perumahan, anies baswedan
Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top