Resmi, Komisi ASN Laporkan Anies ke Presiden Jokowi

Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) resmi melaporkan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan kepada Presiden Joko Widodo atau Jokowi.
JIBI | 19 September 2018 16:15 WIB
Ketua KASN Sofian Effendi - Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) resmi melaporkan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan kepada Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

 Komisi ASN melaporkan Anies karena tidak menjalankan seluruh rekomendasi untuk mengembalikan jabatan 8 dari 16 pejabat eselon II yang dicopot mendadak sampai batas waktu yang diberikan.

"Sekarang bolanya ada di Presiden," ujar Komisioner KASN I Made Suwandi saat dihubungi, Rabu (19/9/2018).

Rekomendasi KASN dikeluarkan pasca temuan pelanggaran dalam perombakan terhadap 16 pejabat eselon II di lingkungan Pemerintah DKI. Komisi sebelumnya telah memberi tenggat waktu 30 hari kerja plus satu pekan kepada Pemerintah DKI untuk menyelesaikan rekomendasi atas temuan pelanggaran itu.

Made berujar, Pemerintah DKI telah melaksanakan sebagian rekomendasi KASN. Sebanyak delapan pejabat DKI yang dicopot telah dinyatakan resmi pensiun, dipindahkan dengan jabatan yang setara atau memilih berhenti untuk mencalonkan diri sebagai legislatif.

"Tapi delapan orang lainnya belum selesai," katanya.

Made menerangkan, isi laporan kepada Presiden di antaranya berupa kronologis perombakan pejabat dan dokumen-dokumen bukti pemberhentian oleh Gubernur.

Wewenang pemberian sanksi kepada Anies Baswedan nantinya juga ada di tangan Presiden Jokowi. "Kami laporkan apa adanya," kata Made.

 

Sumber : Tempo

Tag : jokowi, anies baswedan, ASN
Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top