Begini Wajah Kalimalang jika Direvitalisasi, Mirip Sungai Cheonggyecheon?

Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil mengunggah desain wajah Kalimalang di Kota Bekasi bila selesai direvitalisasi di akun Instagram miliknya@ridwankamil pada Kamis (27/9/2018).
Nancy Junita | 27 September 2018 13:21 WIB
Desain revitalisasi Kalimalang di Kota Bekasi - Instagram@ridwankamil

Bisnis.com, JAKARTA - Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil mengunggah desain wajah Kalimalang di Kota Bekasi bila selesai direvitalisasi di akun Instagram miliknya@ridwankamil pada Kamis (27/9/2018).

Ridwan menulis bertanya kepada warga Kota Bekasi perihal pemanfaatan areal yang akan direvitalisasi. Dia menawarkan, sekitar Kalimalang bisa dijadikan taman untuk acara pernikahan atau pojk long distance relationship (LDR)

@ridwankamil PROGRES DESAIN KALI MALANG, Kota Bekasi per 26 September 2018. Warga Bekasi mau ada kegiatan keren apa disana yang harus ada ? Wedding Garden? LDR corner? _____SETIAP KOTA/KAB akan mendapatkan giliran penataan kawasan dan tata ruang dari hibah Provinsi. Tunggu aja tanggal mainnya. Nuhun.

Revitalisasi Kalimalang itu berkiblat pada kesuksesan Pemerintah Kota Seol Korea Selatan yang ‘menghidupkan’ kembali Sungai Cheonggyecheon yang sudah terkubur karena dampak industrialisasi dan kemajuan ekonomi.

Kini, Sungai Cheonggyecheon menjadi destinasi wisata alam di Kota Seoul. Kebersihan, dan keindahan sungai ini memikat hati Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

Jokowi ingin Sungai Ciliwung di Jakarta bisa seindah dan sebersih sungai tersebut. Keinginan Jokowi ini direspons Ridwan Kamil.

Seperti diberitakan sebelumnya, revitalisasi Kalimalang akan terdiri dari empat zona, di antaranya saluran Kalimalang di Gerbang Tol Bekasi Timur, di dekat Kampus Unisma (Universitas Islam '45) Bekasi dan di dekat Hotel Horison, Bekasi Selatan. 

“Sesuai janji, tim dari saya sudah mempresentasikan proyek Kalimalang ada empat zona, kita terus koordinasi ke Pak Wali Kota (Bekasi). Kita sudah meneliti mana-mana yang baik dan memungkinkan," katanya di Gedung Sate, Bandung, Kamis (27/9/2018).

Diperkirakan revitalisasi itu akan menelan biaya besar. Untuk tahap awal disiapkan anggaran hingga Rp50 miliar.

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
kota bekasi, ridwan kamil

Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top