Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

APBD DKI 2018 : Silpa Diprediksi capai Rp12,1 Triliun

DPRD DKI memperingatkan Pemprov DKI terkait potensi membengkaknya sisa lebih perhitungan anggaran (SiLPA) di akhir tahun anggaran 2018.
APBD DKI Jakarta/Antara
APBD DKI Jakarta/Antara

Bisnis.com, JAKARTA--DPRD DKI memperingatkan Pemprov DKI terkait potensi membengkaknya sisa lebih perhitungan anggaran (SiLPA) di akhir tahun anggaran 2018. 

Wakil Ketua DPRD DKI dari Fraksi PKS Triwisaksana mengatakan SiLPA berpotensi meningkat karena masih rendahnya penyerapan anggaran hingga pertengahan November. 

"SiLPA diprediksi Rp12,1 triliun padaha yang diajukan [Pemprov DKI] hanya Rp7,7 triliun," katanya di gedung DPRD DKI, Senin (19/11/2018). 

Berdasarkan data monitoring evaluasi (monev) seperti dikutip dari situs publik.bapedadki.net, total belanja langsung dan tak langsung hingga saat ini (19/11/2018) baru mencapai 55,5%. 

Persentase tersebut setara dengan Rp41,7 triliun dari total alokasi daftar penggunaan anggaran (DPA) yang telah disepakati sebesar Rp75 triliun.

Adapun, serapan belanja langsung baru mencapai Rp20,5 triliun dan belanja tak langsung Rp21,1 triliun. 

Sani, sapaan akrab Triwisaksana, menuturkan meningkatkan SiLPA bisa terjadi karena melesetnya penerimaan dana perimbangan pemerintah pusat dari target APBD 2018.

Menurutnya, Pemprov DKI mengajukan SiLPA sebesar Rp7,7 triliun dalam Kebijakan Umum Anggaran-Plafond Penggunaan Anggaran Sementara (KUA-PPAS) beberapa waktu lalu. Namun, hal itu tidak diterima oleh DPRD DKI. 

"Saya minta Banggar [Badan Anggaran] meminta proyeksi SiLPA dibuat lebih realistis sesuai dengan realisasi penyerapan belanja dan pendapatan. Hasilnya ya Rp12,1 triliun," ungkapnya. 

Sebeumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyatakan sisa lebih perhitungan anggaran (SiLPA) tahun 2017 Pemprov DKI Jakarta mencapai Rp13,1 triliun.

Hal itu disampaikan Anies dalam rapat paripurna penyampaian rancangan peraturan daerah tentang pertanggungjawaban pelaksanaan APBD tahun anggaran 2017 di ruang rapat paripurna DPRD DKI Jakarta, Senin (2/7/2018). 

Adapun, realisasi pembiayaan daerah di tahun 2017 sebesar Rp8,71 triliun yang juga berasal dari Silpa tahun 2016.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper