Food Station dan Bulog Gelar Operasi Pasar, Beras Medium Dijual Rp8.500/Kg

PT Tjipinang Food Station Jaya dan Perum Bulog menggelar operasi pasar beras medium di Pasar Induk Beras Cipinang (PIBC), Jakarta Timur.
Feni Freycinetia Fitriani | 22 November 2018 11:42 WIB
(Dari kiri ke kanan) Kasatgas Pangan Polri Brigjen Nico Afinta, Kadiv Propam Polri Brigjen Pol Listyo Sigit Prabowo, Direktur Operasional dan Pelayanan Publik Bulog Tri Wahyudi Saleh, dan Dirut Food Station Tjipinang Arief Prasetio Adi memulai operasi pasar dengan menjual beras medium seharga Rp8.500/kg di Pasar Induk Beras Cipinang, Jakarta Timur, Kamis (22/11/2018). - Bisnis/Feni Freycinetia

Bisnis.com, JAKARTA -- PT Tjipinang Food Station Jaya dan Perum Bulog menggelar operasi pasar beras medium di Pasar Induk Beras Cipinang (PIBC), Jakarta Timur.

Direktur Utama (Dirut) Tjipinang Food Station Arief Prasetio Adi mengatakan operasi pasar tersebut digelar untuk menstabilkan harga beras di pasar, khususnya di wilayah Jakarta dan sekitarnya.

"Hari ini, kami mulai operasi pasar di Cipinang dengan menurunkan 100 ton secara simbolis. Beras jenis medium akan dilepas ke pasar dengan harga Rp8.500/kg," paparnya di PIBC, Jakarta Timur, Kamis (22/11/2018).

Harga jual beras medium saat operasi pasar diklaim lebih rendah dari Harga Eceran Tertinggi (HET) yang saat ini dibanderol di atas Rp9.000/kg. Adapun stok beras yang digelontorkan ke pasar didapat dari gudang Bolog Divisi Regional DKI Jakarta-Banten.

Arief melanjutkan pihaknya juga bekerja sama dengan PD Pasar Jaya untuk memastikan beras operasi pasar tersebut juga dijual di pasar-pasar tradisional dengan harga murah.

"Untuk harga beras operasi pasar, di pasar turunan dipatok Rp9.000/kg. Selain Pasar Jaya, pergerakan harga beras akan dipantau oleh Bank Indonesia (BI) Perwakilan DKI Jakarta, Kementerian Perdagangan (Kemendag), dan Satgas Pangan Polri," ungkapnya.

Dalam operasi pasar tersebut hadir pula Dirut Pasar Jaya Arif Nasruddin, Kasatgas Pangan Polri Brigjen Nico Afinta, Kadiv Propam Polri Brigjen Pol Listyo Sigit Prabowo, dan Direktur Operasional dan Pelayanan Publik Bulog Tri Wahyudi Saleh.

Pada pekan kedua November 2018, harga beras medium IR643 mencapai Rp9.225/kg dari sebelumnya Rp8.700/kg.

HET beras medium di wilayah Jawa, Lampung, Sumatra Selatan, Nusa Tenggara Barat, Sulawesi, dan Bali ditetapkan sebesar Rp9.450/kg, sedangkan untuk premium Rp12.800/kg.
 
 

Tag : Harga Beras, operasi pasar
Editor : Annisa Margrit

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top