Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Sebabnya Kebun Raya Bogor Ditutup Sementara

Manajemen Pusat Konservasi Tumbuhan (PKT) Kebun Raya LIPI menutup sementara Kebun Raya Bogor karena faktor cuaca, terutama potensi angin kencang yang melanda wilayah Bogor, Jawa Barat, jelang akhir tahun 2018.
Kebun Raya Bogor/Istimewa
Kebun Raya Bogor/Istimewa

Bisnis.com, BOGOR  - Manajemen Pusat Konservasi Tumbuhan (PKT) Kebun Raya LIPI menutup sementara Kebun Raya Bogor karena faktor cuaca, terutama potensi angin kencang yang melanda wilayah Bogor, Jawa Barat,  jelang akhir tahun 2018.

"Ini upaya pencegahan, menjaga keselamatan pengunjung, sementara operasional Kebun Raya Bogor ditutup sampai batas waktu yang tidak ditentukan," kata Staf Humas PKT Kebun Raya LIPI, Ayi Donni Darussalam, kepada Antaranews, di Bogor, Jawa Barat, Senin (17/12/2018)  malam.

Doni menjelaskan, penutupan Kebun Raya Bogor telah dilakukan sejak Minggu (16/12/2018),  tepatnya sekitar pukul 14.00 WIB saat angin kencang melanda Kebun Raya siang itu.

Angin kencang telah menyebabkan sebuah pohon jenis palem-paleman setinggi lima sampai enam meter tumbang, dan sejumlah ranting pohon patah.

"Kami juga sudah berkoordinasi dengan BMKG yang menginformasikan ada potensi angin kencang yang melanda Bogor, jadi kami ambil langkah antisipatif," kata Doni.

Hingga hari ini, Kebun Raya Bogor masih ditutup bagi warga yang ingin mengisi libur sekolah dapat mencari alternatif wisata lainnya.

Secara resmi manajemen PKT Kebun Raya LIPI telah mengeluarkan pengumuman penutupan sementara Kebun Raya Bogor baik melalui website resmi LIPI, media sosial, dan selebaran di gerbang masuk.

Sementara itu, Kebun Raya Bogor masih melayani khususnya pengunjung luar daerah yang sudah memesan tiket masuk sejak beberapa hari sebelumnya. Kebanyakan pengunjung tersebut berasal dari rombongan sekolah yang mengisi libur dari daerah-daerah.

"Khusus yang sudah booking tetap kita layani, tapi hanya ke lokasi seperti Museum Zoologi," katanya.

Doni menyampaikan permintaan maaf kepada masyarakat yang kecewa karena adanya penutupan Kebun Raya Bogor di musim liburan ini.

"Kami harus mengutamakan keselamatan pengunjung, demi keamanan dan kenyamanan pengunjung, semoga penutupan tidak berlangsung lama," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler