Libur Akhir Tahun, Transjakarta Tambah Armada ke Tempat Wisata

PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) memfasilitasi aktivitas masyarakat Ibu Kota dan sekitarnya untuk memeriahkan momen liburan akhir tahun.
Feni Freycinetia Fitriani | 27 Desember 2018 12:21 WIB
Armada bus Transjakarta melintasi halte Harmoni Central Busway di Jakarta, Kamis (21/6/2018). - JIBI/Dedi Gunawan

Bisnis.com, JAKARTA -- PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) memfasilitasi aktivitas masyarakat Ibu Kota dan sekitarnya untuk memeriahkan momen liburan akhir tahun.

Direktur Utama Transjakarta Agung Wicaksono mengatakan rute Pulogadung-Ragunan (4H) dan Puri Beta-Ragunan (13D) beroperasi setiap hari mulai 26 Desember 2018 hingga 6 Januari 2019.

Sebelumnya, kedua layanan ini hanya tersedia pada akhir pekan atau hari libur. Pengoperasian kedua layanan ini akan memudahkan akses masyarakat menuju Ragunan.

"Kami ingin warga menggunakan Transjakarta untuk menuju titik wisata dibandingkan menggunakan kendaraan pribadi, baik mobil maupun motor, ketika datang ke tempat wisata karena menimbulkan kemacetan,” paparnya dalam keterangan resmi, Kamis (27/12/2018).

Selain kedua rute itu, Transjakarta juga menyediakan layanan bus keliling (shuttle bus) dari SMK 57, Kementerian Pertanian, menuju Ragunan atau sebaliknya mulai 24 Desember 2018. Hadirnya rute yang dioperasikan dengan bus Metrotrans ini diharapkan bisa mengurai kepadatan lalu lintas di titik wisata tersebut.

“Layanan ini gratis. Jadi, masyarakat yang menggunakan kendaraan pribadi bisa memarkirkan kendaraannya di kantong-kantong parkir yang sudah disediakan, lalu menuju Ragunan dengan bus keliling Transjakarta,” tambah Agung.

Bukan itu saja, Transjakarta akan menambah jumlah bus yang beroperasi di koridor 1 (Blok M-Kota),5 (Ancol-Kampung Melayu), dan 7 (Kampung Rambutan-Ancol) pada momen liburan akhir tahun. Rencana ini untuk mengantisipasi kenaikan jumlah pelanggan Transjakarta.

Dia melanjutkan Transjakarta untuk rute-rute tersebut beroperasi 24 jam. Layanan ini memfasilitasi masyarakat untuk bisa berangkat ke tujuan ataupun kembali ke kediaman masing-masing dengan moda transportasi umum yang aman, layak, dan nyaman.

Masyarakat yang ingin berkeliling kota Jakarta pun dapat memanfaatkan layanan bus tingkat secara cuma-cuma. Terdapat tujuh layanan yang dapat digunakan, yakni:

1. History of Jakarta (BW1) dengan rute Juanda-Monas-Balai Kota-Museum Nasional, Gedung Arsip-Museum Bank Indonesia-BNI 46-Pasar Baru-Juanda;

2. Jakarta Modern (BW2) mulai dari Juanda-Monas-Balai Kota- Sarinah–Plaza Indonesia-Sarinah-Museum Nasional-Pecenongan-Pasar Baru-Juanda;

3. Art and Culinary (BW3) memiliki rute Balai Kota-Sarinah-Plaza Indonesia-Harmoni-Gedung Arsip, Museum Bank Indonesia-BNI 46-Sawah Besar-Pecenongan-Juanda-Monas-Balai Kota;

4. Jakarta Skyscrapers (BW4) dengan layanan Juanda-Monas-Balai Kota-Sarinah-Tosari-Dukuh Atas-Karet Sudirman-Bundaran Senayan-Gelora Bung Karno-Dukuh Atas-Plaza Indonesia-Museum Nasional-Pecenongan-Pasar Baru-Juanda;

5. RPTRA Kalijodo (BW5) dari Balai Kota-Sarinah-Tosari, RPTRA Kalijodo-Tosari-Plaza Indonesia-Sarinah-Balaikota;

6. Makam Mbah Priok (BW6) melayani Juanda-Monas-Balai Kota-Sarinah-Tosari-Makam Mbah Priok;

7. Jakarta Shopping (BW7) dengan layanan dari Balai Kota-Sarinah-Tosari-Dukuh Atas-Gelora Bung Karno-Plaza Senayan-Senayan City-Gelora Bung Karno-Dukuh Atas-Tosari-Grand Indonesia-Sarinah-Balai Kota.

Tag : transjakarta, Natal dan Tahun Baru
Editor : Annisa Margrit

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top