Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bank Indonesia Jakarta Dorong Peningkatan Wisata Pulau Seribu

Bank Indonesia Provinsi DKI Jakarta terus mendorong peningkatan pariwisata di Kepulauan Seribu.

Bisnis.com, JAKARTA – Bank Indonesia Provinsi DKI Jakarta terus mendorong peningkatan pariwisata di Kepulauan Seribu dengan melakukan road map atau pemetaan terhadap potensi-potensi wisata di wilayah tersebut.

Apalagi, Kepulauan Seribu telah menjadi bagian dari 10 Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) atau 'Bali Baru' yang dikembangkan pemerintah pusat.

"Pulau Seribu ini potensinya sangat besar untuk dikembangkan dengan keunikan dari masing-masing pulau yang dimiliki. Sayangnya saat ini kontribusi PDB nya masih kecil karena itu kita perlu mendorong untuk meningkatkannya," ujar Hamid Ponco Wibowo, Kepala Perwakilan BI Provinsi DKI Jakarta, Rabu (24/4/2019).

Untuk membuat road map tersebut, BI Provinsi DKI Jakarta mengajak berbagai pihak, termasuk travel agent untuk berbagi pikiran serta memberikan masukan mengenai kondisi dan tantangan di lapangan.

Pulau Seribu
Pulau Seribu

Sementara itu, Bupati Kepulauan Seribu Husen Murad mengatakan bahwa pihaknya akan terus berbenah dan mempercantik gugusan pulau yang ada.

Pulau yang terletak di sebelah utara Teluk Jakarta ini memiliki potensi wisata yang sangat besar dengan keindahan bawah laut dan gugusan pulau-pulau yang asri dan eksotis.

Selain pulau penduduk, Kepulauan Seribu juga memiliki 7 pulau resort yang menawan yaitu Pulau Macan, Pulau Putri, Pulau Ayer, Pulau Bidadari, Pulau Sepa, Pulau Pelangi, dan Pulau Pantara.

Adapula pulau cagar budaya seperti Pulau Kelor, Pulau Cipir, dan Pulau Onrust yang menyimpan nilai sejarah dan arkeologi, serta pulau private.

"Masing-masing pulau itu memiliki segmentasi yang berbeda tapi kita semua memiliki tugas yang sama untuk memajukan seluruh potensi wisata di Kepulauan Seribu," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dewi Andriani
Editor : Miftahul Ulum

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper