Kenaikan Harga Bawang Merah dan Bawang Putih Jadi Perhatian

Badan Pusat Statistik (BPS) DKI Jakarta melihat ada lonjakan harga dua komoditas bahan pangan yaitu bawang merah dan bawang putih.
Kenaikan Harga Bawang Merah dan Bawang Putih Jadi Perhatian Muhamad Wildan | 02 Mei 2019 20:21 WIB
Kenaikan Harga Bawang Merah dan Bawang Putih Jadi Perhatian
Buruh angkut menggendong bawang putih kemasan karung di Pasar Legi, Solo, Selasa (18/4). - JIBI/Sunaryo Haryo Bayu

Bisnis.com, JAKARTA - Badan Pusat Statistik (BPS) DKI Jakarta melihat ada lonjakan harga dua komoditas bahan pangan yaitu bawang merah dan bawang putih.

Harga rata-rata bawang merah mengalami peningkatan sebesar 7,58% dari harga rata-rata bulan Maret 2019 dari Rp55.015,38 menjadi Rp59.185,92 per kg.

Perubahan harga rata-rata bawang putih pun jauh lebih tinggi dengan peningkatan mencapai 22,2% dari Rp34.105,69 pada Maret 2019 menjadi Rp41.676,57 pada April 2019.

Seperti diketahui, Direktur Utama PT Food Station Tjipinang Jaya Arief Prasetyo Adi sebelumnya mengatakan pihaknya sudah mengajukan Rekomendasi Impor Produk Hortikultura (RIPH) dari Kementan sebanyak 20.000 ton untuk komoditas bawang putih. 

Arief pun mengatakan pihaknya sekarang sedang menunggu direstuinya pengajuan RIPH kepada Kementan dan akan langsung mengajukan Surat Persetujuan Impor (SPI) kepada Kemendag apabila RIPH untuk komoditas bawang putih sudah diperoleh.

Sembari menunggu proses, PT Food Station Tjipinang Jaya pun terus berkoordinasi dengan importir-importir terkait yang sudah mendapatkan izin untuk mengimpor bawang putih.

"Kalau izin impor enggak keluar kita akan kerja sama dengan importir di DKI Jakarta," kata Arief, Senin (29/4/2019).

Namun, hingga saat ini Direktur Operasional PT Food Station Tjipinang Jaya Frans Tambunan mengatakan pihak masih juga belum mendapatkan RIPH dari Kementan.

Berdasarkan data PD Pasar Jaya, stok bawang putih yang terdapat di Pasar Induk Kramat Jati tinggal 3 ton saja.

Berdasarkan data Informasi Pangan Jakarta, harga rata-rata bawang putih pun terus melonjak dan per hari ini sudah mecapai Rp51.340 per kg.

Untuk mengantisipasi RIPH yang belum juga dikeluarkan oleh Kementan, Frans pun mengatakan pihaknya telah menjalin kesepakatan dengan beberapa importir bawang putih untuk membeli beberapa kontainer bawang putih dari importir-importir terkait.

Adapun total kebutuhan bawang putih selama Ramadan menurut Frans mencapai 2970 ton. Bawang putih yang dibeli dari importir terkait pun dijadwalkan sampai pada awal Mei 2019.

Terkait bawang merah, Direktur Utama PD Pasar Jaya Arief Nasrudin mengatakan saat ini sudah mau memasuki masa panen raya untuk bawang merah.

Stok bawang merah di Pasar Induk Kramat Jati pun saat ini berada di angka 118 ton dan berdasarkan data Informasi Pangan Jakarta pun harga rata-rata bawang merah sudah menunjukkan tren penurunan dari angka Rp43,723 per kg pada 2 April 2019 menjadi Rp39.979 per kg pada 2 Mei 2019.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
bawang merah, bawang putih

Editor : Miftahul Ulum

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top