Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BPAD: Inventarisasi Aset Pemprov DKI Tuntas 2019

Badan Pengelola Aset Daerah (BPAD) DKI Jakarta targetkan inventarisasi aset tetap milik Pemprov DKI Jakarta bisa mencapai 100% pada 2019.
Air mancur di Balai Kota DKI Jakarta/Istimewa
Air mancur di Balai Kota DKI Jakarta/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA–Badan Pengelola Aset Daerah (BPAD) DKI Jakarta targetkan inventarisasi aset tetap milik Pemprov DKI Jakarta bisa mencapai 100% pada 2019.

Seperti diketahui, pemeriksaan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) DKI Jakarta atas laporan keuangan pemerintah daerah (LKPD) 2018 menemukan bahwa pelaksanaan inventarisasi aset masih belum selesai dan masih terdapat kelemahan dalam sistem informasi aset tetap.

Selain itu, BPK juga mencatat masih terdapat aset fasilitas sosial (fasos) dan fasilitas umum (fasum) yang masih dimanfaatkan oleh pengembang dan juga ada beberapa yang sudah dibangun pengembang tetapi belum diserahkan kepada Pemprov DKI Jakarta.

Menurut Kepala Inspektorat Pemprov DKI Jakarta Michael Rolandi, Pemprov DKI Jakarta memiliki aset yang totalnya mencapai Rp436 triliun yang tersebar di 725 entitas ekuitas dari seluruh SKPD/UKPD di lingkungan Pemprov DKI Jakarta.

Apabila dibandingkan dengan LKPD 2017, jumlah aset tetap yang dimiliki oleh Pemprov DKI Jakarta mencapai Rp353 triliun.

Menurut Plt Kepala BPAD Pujiono, apabila Pemprov DKI Jakarta berhasil menginventarisir seluruh aset tetap yang dimiliki serta berhasil menagih aset yang masih belum tertagih dari pengembang kepada Pemprov DKI Jakarta, aset yang dimiliki oleh Pemprov DKI Jakarta bisa mencapai Rp500 triliun.

"Kita sudah melakukan sensus, tapi sensus itu kan belum selesai. Itu BPK meminta kita untuk segera menyelesaikan itu," ujar Pujiono, Jumat (17/5/2019).

Menurut Pujiono, masih terdapat 5-6% aset tetap milik Pemprov DKI Jakarta yang belum terinventarisir.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Muhamad Wildan
Editor : Sutarno

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper