Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Seminggu di Kolombia, Apa Saja yang Dilakukan Anies di World Cities Summit?

Gubernur Provinsi DKI Jakarta Anies Baswedan, akan membicarakan isu-isu terkait lingkungan dalam World Cities Summit Mayors Forum (WCSMF) ke-10 di Plaza Mayor Medelln Conventions and Exhibitions, Medellin, Kolombia.
World Cities Summit 2019./www.worldcitiessummit.com
World Cities Summit 2019./www.worldcitiessummit.com

Bisnis.com, JAKARTA — Gubernur  DKI Jakarta Anies Baswedan akan membicarakan isu-isu terkait lingkungan dalam World Cities Summit Mayors Forum (WCSMF) ke-10 di Plaza Mayor Medellín Conventions and Exhibitions, Medellin, Kolombia.

Pada tahun ini, WCSMF yang digelar 10-12 Juli 2019 ini akan mengangkat topik kepercayaan atas kota dengan tema utama 'Liveable and Sustainable Cities: Building a High Trust City' atau 'Kota Layak Huni dan Berkelanjutan: Membangun Kota dengan Tingkat Kepercayaan Tinggi'.

Rangkaian kegiatan WCSMF 2019 akan terdiri dari dua sesi diskusi utama, yaitu sesi pertama dengan tema 'Strengthening Social and Institutional Confidence' atau Memperkuat Kepercayaan Sosial dan Institusional yang akan diisi oleh Walikota Seoul, Korea Selatan, Park Won-soon; Wakil Walikota Bilbao, Spanyol, Gotzone Sagardui; dan Wali Kota Antwerp, Belgia, Bart De Wever.

Sesi diskusi pertama ini akan secara khusus membahas bahwa ketidaksetaraan yang tinggi, segregasi dan perpecahan kota akan mengurangi kepercayaan maupun kolaborasi bersama di dalam kota.

Peserta WCSMF 2019 nantinya akan berdiskusi secara lebih lanjut apa saja inovasi terkini yang dapat dilakukan pemimpin suatu wilayah untuk membangun kepercayaan antara institusi pemerintah dengan warga yang beraktivitas di dalamnya.

Sementara, Anies akan mengisi sesi diskusi kedua dengan tema 'Enhancing Economic and Environmental Security' atau Meningkatkan Perlindungan Ekonomi dan Lingkungan, bersama akan diisi oleh Ketua dari Centre for Liveable Cities, Dr Liu Thai Ker; dan Walikota Panama City, José Luis Fábrega.

Sesi diskusi ini secara khusus akan membahas bagaimana rencana jangka panjang dari suatu kota harus memprioritaskan kelestarian dan ketahanan iklim. Kota-kota yang aman dan memberikan perlindungan lingkungan akan berusaha mengelola sumber daya air, makanan, dan energi secara berkelanjutan, serta meminimalisir tingkat polusi/pencemaran.

Sesi Kedua

Dalam sesi diskusi kedua ini, Anies bersama pembicara lainnya akan memperlihatkan bahwa perencanaan merupakan kunci untuk infrastruktur yang efisien, andal, dan tahan bencana.

Sementara itu, iklim bisnis, pengembangan usaha, dan peraturan melalui penegakan hukum dapat menjaga perekonomian agar tetap dinamis dan tangguh. Ekonomi inklusif dengan peluang yang setara bagi semua juga penting untuk pertumbuhan yang berkelanjutan secara sosial.

Anies berharap inovasi dan pengalaman praktik terbaik yang dilakukan Pemprov DKI Jakarta dalam membangun kepercayaan antara institusi dan masyarakat dapat menjadi referensi dalam hal pembangunan kota pada WCSMF tahun ini.

Apalagi, forum ini juga akan membahas bagaimana kota-kota di seluruh dunia merencanakan perlindungan ekonomi dan lingkungan dalam menghadapi fluktuasi ekonomi yang sulit diprediksi serta kejadian perubahan cuaca ekstrem.

Seminggu di Kolombia, Apa Saja yang Dilakukan Anies di World Cities Summit?

Setiap anggota WCSMF yang hadir juga diharapkan mampu memperlihatkan transformasi kota dengan ciri-ciri, antara lain tingkat kepercayaan yang tinggi antara pemerintah dengan warganya, pemberdayaan masyarakat melalui kegiatan berbasis komunitas, dan penguatan kepercayaan kepada pemerintah melalui ruang terbuka publik.

“Forum ini adalah forum tahunan yang akan diadakan untuk ke-10 kalinya. Saat ini, kita tinggal pada era di mana kompetisi di antara kota dan daerah tumbuh dengan pesat. Masing-masing daerah berusaha menarik sumber daya manusia terbaik, mengembangkan infrastruktur yang canggih untuk menjadikan tujuan kota metropolis dunia. Jakarta hadir bukan hanya untuk menjadi contoh di tingkat nasional, namun juga rujukan di tingkat global,” jelas Anies dalam keterangan resminya, Selasa (9/7/2019).

Dihadiri 74 Pemimpin Kota

Untuk diketahui, WCSMF merupakan forum internasional tahunan yang dihadiri oleh 74 pemimpin kota terpilih dunia. Kehadiran Anies dalam forum ini pun demi memenuhi undangan Wali Kota Medellin, Federico Gutiérrez, untuk mengikuti forum tersebut.

Tujuan penyelenggaraan forum ini sebagai upaya bersama dalam menjawab tantangan perkotaan, serta saling bertukar pikiran dan pengalaman, agar terbentuk kota dan wilayah perkotaan yang lebih baik bagi warganya.

Selain diisi dengan presentasi studi kasus kota dari seluruh dunia, WCSMF juga akan dilengkapi dengan pameran yang mendukung pembangunan infrastruktur kota dan metode perencanaan kota terbaru dari berbagai organisasi internasional maupun pihak industri (swasta).

“Namun, di samping tujuan itu, forum ini merupakan forum yang sangat berharga untuk mendapatkan gagasan dari para Pemimpin Kota di seluruh dunia terkait pemahaman yang lebih baik untuk kota yang berkelanjutan, serta melakukan perencanaan dan pengembangan masalah perkotaan, seperti dampak dari urbanisasi, agar mendapatkan solusi yang terintegrasi dan lebih komprehensif,” tambah Anies.

Selain itu, Anies juga akan menjadi pembicara dalam C40 High-Level Event, yaitu Roundtable Discussion (Diskusi Meja Bundar) dengan tema 'How to make low carbon mobility in cities a bigger movement?' Atau Bagaimana cara menekan angka karbon dalam kota sebagai suatu gerakan besar bersama.

C40 sendiri merupakan jaringan kota megapolitan dunia yang berkomitmen bersama-sama untuk mengentaskan masalah perubahan iklim, dengan beranggotakan 94 kota yang berafiliasi, dan Jakarta adalah satu-satunya kota yang mewakili Indonesia.

Dalam kunjungan kerja kali ini, Anies juga direncanakan akan melakukan pertemuan bilateral dengan Menteri Pembangunan Nasional Singapura, Lawrence Wong; Walikota Medellin, Federico Gutiérrez; dan Wali Kota Seoul, Park Won-soon.

Seperti diberitakan sebelumnya, Anies akan pergi mengunjungi Kota Medelline, Kolombia selama seminggu, pada 9 - 16 Juli 2019,

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Aziz Rahardyan
Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper