Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Anies: Balap Formula E Gerakkan Roda Ekonomi Rp1,2 Triliun

Menurut preliminary study, satu agenda balapan di Jakarta ini akan menggerakkan perekonomian Ibukota hingga lebih dari 78 juta Euro atau Rp 1,2 triliun. Ini adalah kesempatan bagi kesejahteraan, lapangan usaha dan lapangan kerja bagi warga Jakarta
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melihat mobil Formula E/Instagram
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melihat mobil Formula E/Instagram

Bisnis.com, JAKARTA - DKI Jakarta dipastikan akan menjadi tuan rumah ajang mobil balap listrik Formula E pada pertengah Agustus 2020.

Selepas dari World Cities Summit di Medellin, Kolombia, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan langsung terbang ke New York, Amerika Serikat untuk menuntaskan negosiasi dengan lembaga pengelola Formula E bahwa Jakarta lebih dari layak menjadi salah satu tuan rumah balap mobil kelas dunia ini.

"Alhamdulillah, berhasil! Sebuah proses negosiasi dan persuasi yang panjang itu telah menemukan sebuah akhir yang indah. Jakarta akan menjadi salah satu tuan rumah balap mobil bergengsi Formula E di pertengahan tahun 2020 nanti," ujarnya dalam akun resmi Instagram @aniesbaswedan seperti dikutip, Senin (15/7/2019).

Dia menuturkan Formula E merupakan turnamen balapan terpopuler kedua sesudah Formula 1. Bedanya dengan F1, Formula E menggunakan mesin bertenaga listrik sehingga bebas emisi, dan diadakan di jalan raya yang diubah jadi sirkuit sementara.

Pemprov DKI sudah persiapan pertemuan dengan penyelenggara Formula E sejak tiga bulan lalu. Pertemuan digelar pada 13 Juli 2019, bersamaan dengan putaran final Sesi 6 Formula-E.

Anies mengatakan Tim dari Formula E juga sudah datang khusus untuk melakukan uji lapangan di Jakarta pada 8-9 Juli lalu. Karena Jakarta berkompetisi dengan kota-kota besar dunia lainnya, maka semua dikerjakan dengan rapi, teliti, dan tertib.

Puncaknya adalah negosiasi pada Sabtu, 13 Juli kemarin di New York. Bernegosiasi dengan Alexandro Agag dan Alberto Longo, para pemimpin tertinggi yang juga legenda di dunia balap mobil. Di ujungnya semua bersepakat, Jakarta lebih dari layak dipilih menjadi tuan rumah.

Anies menilai ini artinya mata dan kamera seluruh dunia akan datang dan menyorot Jakarta dimana ribuan penonton dari seluruh dunia akan hadir langsung.

"Menurut preliminary study, satu agenda balapan di Jakarta ini akan menggerakkan perekonomian Ibukota hingga lebih dari 78 juta Euro atau Rp 1,2 triliun. Ini adalah kesempatan bagi kesejahteraan, lapangan usaha dan lapangan kerja bagi warga Jakarta," ungkapnya.

Dia mengatakan prestasi menjadi tuan rumah Formula E merupakan sebuah perjuangan panjang dari seluruh jajaran Pemprov DKI Jakarta dan tim telah membuahkan hasil.

Menurutnya, ada banyak kota besar dunia berusaha, tapi Jakarta yang dipilih mendapatkan kesempatan. Dia menegaskan Jakarta bukan cuma pemain domestik, Jakarta siap menyongsong, siap sejajar dan makin bersinar di antara megapolitan dunia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Sutarno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper