Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Proyek Lidah Mertua Anies, Begini Hasil Penelitian NASA

Lembaga antariksa Amerika atau NASA pernah melakukan penelitian pada tanaman spesies Sansevieria atau Lidah mertua, yang dipilih Gubernur Anies Baswedan untuk melawan polusi di Jakarta.
Tanaman Lidah Mertua/Green and Vibrant
Tanaman Lidah Mertua/Green and Vibrant

Bisnis.com, JAKARTA - Lembaga antariksa Amerika atau NASA pernah melakukan penelitian pada tanaman spesies Sansevieria atau Lidah mertua, yang dipilih Gubernur Anies Baswedan untuk melawan polusi di Jakarta.

Menurut penelitian NASA itu, tanaman Sansevieria dapat memurnikan udara di dalam rumah.

Tanaman itu bisa menghilangkan formaldehyde, xylene, dan toluene, bahan kimia yang umumnya ditemukan di karpet, lem, pewarna, cat dan bahan bangunan lainnya.

Laman Postbulletin beberapa waktu lalu, menjelaskan bahwa Sansevieria trifasciata, biasa disebut sebagai lidah mertua atau tanaman ular, adalah tanaman hias tahan lama dan mudah tumbuh. Tanaman setinggi sekitar 60 cm ini memiliki daun yang kaku, tegak, seperti tombak.

Sansevieria menggunakan proses fotosintesis Crassulacean Acid Metabolism (CAM).

Tanaman CAM menyerap karbon dioksida dan melepaskan oksigen pada malam hari. Studi menunjukkan bahwa kadar oksigen yang lebih tinggi meningkatkan kualitas tidur. Mungkin sudah waktunya menambahkan tanaman itu ke kamar tidur.

Lidah mertua adalah sukulen yang menyimpan air di daun, juga menyimpan air dalam rimpangnya. Spesies ini tumbuh subur di cahaya terang, tapi akan mentolerir kondisi cahaya rendah.

Tanaman juga akan membutuhkan lebih sedikit air selama musim dingin dan dalam kondisi cahaya rendah.

Penelitian tersebut menjelaskan bahwa udara dalam ruangan bisa 10 kali lebih tercemar dari pada udara luar, terutama selama bulan-bulan musim dingin.

Studi menunjukkan bahwa tanaman hias itu dapat mengurangi polusi udara dalam ruangan sebanyak 85 persen.

NASA merekomendasikan 15 hingga 18 tanaman di dalam bangunan besar seluas 549 meter persegi. Belum ada penelitian berapa dibutuhkan tanaman lidah mertua untuk melawan polusi di luar ruangan.

Sansevieria juga bisa diperbanyak dengan cara stek daun. Cukup potong daun menjadi tiga inci, debu tepi bawah dengan hormon rooting, dan masukkan ke pasir lembab untuk pengembangan akar dan pucuk.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : JIBI
Editor : Nancy Junita
Sumber : Tempo.Co
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper