Ini Stasiun MRT yang akan Dilengkapi Perpustakaan. Buku Berasal dari Donatur

Direktur Utama PT MRT Jakarta William Sabandar menjelaskan bahwa space luang di beberapa Stasiun Moda Raya Terpadu (MRT) akan dimanfaatkan sebagai perpustakaan.
Aziz Rahardyan
Aziz Rahardyan - Bisnis.com 05 September 2019  |  18:11 WIB
Ini Stasiun MRT yang akan Dilengkapi Perpustakaan. Buku Berasal dari Donatur
Penumpang antre membeli tiket untuk menaiki Moda Raya Terpadu (MRT) di Stasiun Bundaran HI, Jakarta, Senin (1/4/2019). - Bisnis/Abdullah Azzam

Bisnis.com, JAKARTA — Direktur Utama PT MRT Jakarta William Sabandar menjelaskan bahwa space luang di beberapa Stasiun Moda Raya Terpadu (MRT) akan dimanfaatkan sebagai perpustakaan.

Hal ini demi menanggapi ide Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan demi membudayakan kebiasaan membaca, serta menyambut Hari Aksara Nasional yang jatuh pada 8 September mendatang.

"MRT Jakarta mendorong penumpang untuk membiasakan membaca buku di waktu luangnya. Ada book corner di beberapa stasiun yang memungkinkan didirikan rak buku sehingga orang bisa mengambil buku dan mengembalikan di stasiun tujuan," ungkap William, Kamis (5/9/2019). 

William P Sabandar berencana memenuhi ketersedian buku lewat kerja sama dengan para penerbit buku di Indonesia, dan hasil sumbangan masyarakat.

"Bagi masyarakat yang tertarik untuk mendonasikan buku juga kami sudah menyiapkan tempat untuk menampung hasil buku sumbangsih masyarakat," ujarnya.

Nantinya, mekanisme peminjaman buku yang tersedia di book corner Stasiun MRT bisa diambil oapan saja, dan ditata kembali ke rak book corner pada saat penumpang turun di stasiun tujuan.

Namun, Direktur Keuangan dan Administrasi PT MRT Jakarta Tuhiyat menjelaskan lebih lanjut bahwa tidak semua stasiun akan di bangun book corner, mengingat beberapa Stasiun MRT terkendala luas ruangan.

Beberapa Stasiun MRT dengan space luang yang memungkinkan untuk dibangun perpustakaan, di antaranya Bundaran HI, Dukuh Atas, Blok M, Fatmawati, dan Lebakbulus.

"Untuk stasiun lain bisa dibuat digitalisasi buku, kami nanti akan berkoordinasi dengan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Jakarta,” ungkap Tuhiyat.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
mrt

Editor : Sutarno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top