Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Anies Uji Coba Jalur Khusus Sepeda dari Velodrome Rawamangun ke Balai Kota DKI

Pemprov DKI Jakarta membangun mempersiapkan jalur sepeda di sepanjang ruas jalan yang diberlakukan kebijakan perluasan ganjil genap.
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mencoba arena balap sepeda Jakarta International Velodrome di Kawasan Rawamangun, Jakarta Timur/JIBI-Feni Freycinetia Fitriani
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mencoba arena balap sepeda Jakarta International Velodrome di Kawasan Rawamangun, Jakarta Timur/JIBI-Feni Freycinetia Fitriani

Bisnis.com, JAKARTA--Pemprov DKI Jakarta membangun mempersiapkan jalur sepeda di sepanjang ruas jalan yang diberlakukan kebijakan perluasan ganjil genap.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melakukan uji coba jalur baru tersebut bersama pejabat dinas terkait. Anies mulai bersepeda mulai dari Velodrome Jakarta Timur menuju Kantor Balai Kota Pemprov DKI Jakarta.

“Kita tadi sama-sama mencoba jalur sepeda. Saya sendiri senang karena bisa kembali bersepeda,” katanya di Balai Kota DKI, Jumat (20/9/2019).

Anies menuturkan Pemprov DKI Jakarta telah melaksanakan sosialisasi uji coba desain jalur sepeda pada 17 September. Sementara itu, pelaksanaan uji coba tahap I akan dimulai pada tanggal 20 September hingga 19 November.

Adapun, area uji coba akan dilaksanakan di rute jaringan jalur sepeda dengan total panjang 63 km yang akan dibagi dalam 3 fase meliputi wilayah Jakarta Timur, Jakarta Pusat, Jakarta Selatan dan Jakarta Barat.

Pemprov DKI akan mengganti aspal pada fase pertama aspal. Sambil menunggu aspalnya diganti, lanjut Anies, akan dipasang penandanya supaya tidak kerja dua kali.

“Namun, kita berharap nantinya tak hanya 63 km, tetapi seluruh mayoritas tempat di Jakarta bisa ada jalur sepeda," imbuhnya.

Bukan itu saja, Anies ingin agar Jakarta menjadi kota yang ramah bagi pesepeda. Pasalnya, apabila warga memanfaatkan jalur tersebut untuk bersepeda maka akan berdampak pada perbaikan kualitas lingkungan hidup di Jakarta.

Anies mengajak seluruh warga Jakarta untuk melihat sepeda bukan sebagai semata alat olah raga tapi alat transportasi,

"K berharap Jakarta menjadi kota pelopor ramah lingkungan, termasuk penggunaan sepeda,” ucapnya.

Sementara itu, perwakilan The Institute for Transportation and Development Policy (ITDP) Heather Thomson mengapresiasi langkah Pemprov DKI yang menyediakan jalur sepeda sepanjang 63 km.

"Sangat menakjubkan melihat Jakarta membuat gerakan di jalur yang benar. Saya pikir jakarta sudah melakukan kerja yang bagus dengan garis pembatas bersepada di mana itu akan melindungi para pesepeda,” tandasnya.

Program uji coba jalur sepeda merupakan hasil kolaborasi ITDP Indonesia, representasi pesepeda Jakarta, dan dinas-dinas teknis di Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk mewujudkan jalur sepeda permanen di akhir tahun 2019 yang dapat dinikmati oleh warga Jakarta.

Tiga fase ujicoba ini terdiri dari Fase 1 Medan Merdeka Selatan - Jalan Pemuda pada 20 September - 11 Oktober 2019, Fase 2 sepanjang Jalan Jenderal Sudirman - Jalan RS Fatmawati Raya pada 12 Oktober- 1 November 2019, Fase 3 sepanjang Jalan Tomang-Jatinegara pada 2 November - 19 November 2019.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper