Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Antisipasi Kekeringan, Pemprov DKI Bentuk Satgas Air Bersih

Musim kemarau panjang membuat sejumlah wilayah di DKI Jakarta mengalami kekeringan.
Air bersih. /jibi
Air bersih. /jibi

Bisnis.com, JAKARTA--Musim kemarau panjang membuat sejumlah wilayah di DKI Jakarta mengalami kekeringan.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, Pemprov DKI Jakarta menerjunkan Satuan Tugas (Satgas) Air Bersih di sejumlah titik.

Gubernur Provinsi DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan Satgas Air Bersih Provinsi DKI Jakarta beranggotakan 1.162 personel gabungan dari berbagai instansi, dari unsur Pemerintah maupun non-Pemerintah.

Beberapa instansi antara lain Dinas Kehutanan, Dinas Sumber Daya Air, BPBD, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan, Dinas Perhubungan, Satpol PP, PAM JAYA dan sejumlah mitra dari Lurah, PPSU, hingga Perwakilan RT/RW.

“Kita di Jakarta menghadapi potensi kekeringan air bersih dan tantangan itu harus kita antisipasi sejak dini,” katanya di Monas, Kamis (26/9/2019).

Berdasarkan data Badan Meterologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), musim kemarau panjang di Jakarta terdapat 15 Kecamatan yang masuk dalam kategori Awas Potensi Kekeringan, dengan indikator lebih dari 61 hari tanpa hujan.

15 kecamatan tersebut adalah Menteng, Gambir, Kemayoran, Tanah Abang, Cilincing, Tanjung Priok, Koja, Kelapa Gading, Penjaringan, Tebet, Pasar Minggu, Setiabudi, Makasar, Pulogadung, dan Cipayung.

Sementara itu, PAM Jaya menyebutkan terdapat 41 Kelurahan atau setara 15,47% dari total kelurahan di DKI Jakarta belum terlayani jaringan PAM.

Lebih lanjut, 11 Kelurahan atau 4,15% dari total kelurahan di antaranya masuk dalam kategori Awas Potensi Kekeringan. Beberapa kelurahan itu, antara lain Kelurahan Kapuk Muara, Kamal Muara, Pondok Rangon, Munjul, Cilangkap, Setu, Bambu Apus, Ceger, Lubang Buaya, Kebon Pala dan Halim Perdana Kusuma.

Menurutnya, tugas pokok Satgas Air Bersih yakni memastikan warga Jakarta mendapatkan pasokan air bersih di tengah kondisi kekeringan yang melanda dengan berbagai cara dan upaya yang legal, serta koordinasi lintas instansi.

"Saya minta semuanya melakukan segala cara yang benar dan legal untuk memastikan terpenuhinya kebutuhan air bersih bagi warga Kota Jakarta,” tambahnya.

Anies mengatakan terdapat dua kelurahan yang telah menyampaikan bahwa wilayahnya terdampak kekeringan dan membutuhkan pasokan air bersih segera, yaitu Kelurahan Kalideres, Jakarta Barat dan Kelurahan Pejagalan, Jakarta Utara.

Adapun, mekanisme pelaporan dari masyarakat atau pihak kelurahan dapat melaporkan kebutuhan air bersih akibat kekeringan tersebut melalui telepon ke Call Center Jakarta Siaga 112 dan melalui Aplikasi Jakarta Aman lewat fitur “LAPOR”.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper