Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sekian Lama Tak Hujan, Jakarta Dapat Berton-ton Sampah Kiriman

Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta menjelaskan bahwa imbas hujan yang mengguyur wilayah Jakarta dan sekitarnya setelah sekian lama kemarau panjang, membuat Ibu Kota kedatangan sampah kiriman. Salah satunya, terkumpul di Pintu Air Manggarai.
Dinas LH DKI Jakarta mengumpulkan sampah kiriman di Pintu Air Manggarai imbas hujan selepas kemarau panjang/doc humas
Dinas LH DKI Jakarta mengumpulkan sampah kiriman di Pintu Air Manggarai imbas hujan selepas kemarau panjang/doc humas

Bisnis.com, JAKARTA — Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta menjelaskan bahwa imbas hujan yang mengguyur wilayah Jakarta dan sekitarnya setelah sekian lama kemarau panjang, membuat Ibu Kota kedatangan sampah kiriman. Salah satunya, terkumpul di Pintu Air Manggarai.

Dinas LH mencatat Bendung Katulampa maupun Pos Depok sempat mengalami kenaikan tinggi muka air mencapai status Siaga III dan Siaga II hingga pukul 03.00 WIB dini hari. Selepas itu, seluruh pos pantau telah dinyatakan berstatus aman.

"Sejak tadi malam sampah di Pintu Air Manggarai meningkat. Lebih dari 322 meter kubik sampah sudah berhasil diangkat. Sampah tersebut dikirim ke TPST Bantargebang menggunakan 7 rit truk sampah typer besar dan 11 rit typer kecil," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Andono Warih, Rabu (9/10/2019) pagi.

Tampak di lokasi, berbagai macam jenis sampah seperti ranting pohon, plastik, kayu yang berukuran besar dan sampah rumah tangga lainnya. Proses pemindahan sampah dari Pintu Air Manggarai dilakukan dengan menggunakan 1 unit alat berat Liebherr dan 2 unit excavator long arm, sehingga memudahkan petugas untuk mengangkat sampah.

Andono mengatakan jika sampah di Pintu Air Manggarai tidak segera diangkat, maka pintu air akan tersumbat dan air akan meluap ke permukaan yang bisa mengakibatkan banjir.

“Kami antisipasi dengan menyiagakan petugas di lokasi tersebut selama 24 jam. Sejak semalam, petugas giat melakukan pengangkatan sampah,” katanya.

Selain di Pintu Air Manggarai, petugas juga bersiaga di Kali Ciliwung BKB Season City. Di lokasi ini sejak semalam berhasil diangkat sampah sebanyak 72 meter kubik sampah dengan menggunakan excavator long arm dan excavator spider. Sampah tersebut dikirim ke TPST Bantargebang menggunakan 3 rit truk sampah typer besar.

Petugas dan armada juga disiagakan 24 jam di Jembatan Kali Ciliwung Kampung Melayu untuk mengantisipasi tumpukan sampah kiriman. Namun, lokasi ini sampai pagi masih kondusif dan belum ada pengangkatan sampah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Aziz Rahardyan

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper