Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Kata Anies Baswedan Soal Label Pahlawan dan Ketimpangan Sosial

Ketimpangan sosial menjadi masalah yang dilontarkan Anies Baswedan saat menjadi Inspektur Upacara Hari Pahlawan yang berlangsung di DKI Jakarta.   
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan/BISNIS-Regi Yanuar
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan/BISNIS-Regi Yanuar

Bisnis.com, JAKARTA - Ketimpangan sosial menjadi masalah yang dilontarkan Anies Baswedan saat menjadi Inspektur Upacara Hari Pahlawan yang berlangsung di DKI Jakarta.   

Anies Baswedan menyinggung isu ketimpangan provinsi itu hingga label pahlawan yang diberikan pada orang-orang tertentu atas jasa-jasanya.

Selaku Inspektur Upacara Hari Pahlawan di Monas pada Minggu (10/11/2019), Anies menyebutkan hingga 74 tahun Indonesia merdeka, di Jakarta masih ada masalah ketimpangan kesejahteraan yang ditemukan hampir di semua tempat.

"Masalah itu ada begitu banyak di tempat Bapak Ibu semuanya, ambil masalah itu ambil tanggung jawab itu, selesaikan masalah itu," kata Anies.

Anies menyebutkan dalam melakukan sesuatu yang baik termasuk melakukan sesuatu bagi Jakarta, tidak perlu mengharapkan imbalan termasuk gelar pahlawan. Label tersebut adalah urusan para sejarawan.

"Urusan kita adalah memastikan tidak ada masalah di depan kita yang dibiarkan tidak diselesaikan," katanya.

Anies menegaskan tidak ada tantangan bangsa yang dibiarkan tidak diselesaikan. Semua masalah yang ada harus diselesaikan.

"Biarkan kelak anak Bapak Ibu sekalian menyebut Bapak Ibu sebagai pahlawan masalah-masalah yang ada di Jakarta, dan biarkan Nanti para sejarawan yang menilai itu," kata Anies.

Anies mengamanatkan agar sekitar enam ribu Aparatur Sipil Negara (ASN) yang menjadi peserta upacara, menghayati pengorbanan 16 ribuan pejuang yang mempertaruhkan jiwa dan raganya dalam pertempuran Surabaya.

"Hampir semua yang berangkat pertempuran itu artinya dilepas ibunya dilepas ayahnya dan mereka semua tidak berencana jadi pahlawan saat tanggal ini (10 November) dan akan diperingati sebagai hari pahlawan," kata dia.

Mereka melihat ada masalah dan mereka tidak diam saja. Mereka memilih terlibat dan turun tangan. "Yang dilakukan bagi negeri ini sekarang diperingati mereka sebagai pahlawan sekalian di depan kita ada tantangan," kata Anies.

Anies juga menyampaikan amanat dari Menteri Sosial Juliari P Batubara agar menghargai jasa dan pengorbanan serta semangat para pahlawan di masa kemerdekaan dengan mengimplementasikannya pada saat ini.

Pahlawan kiranya bukan hanya bersifat seremonial semata tetapi dapat diisi dengan berbagai aktivitas yang dapat menyuburkan rasa nasionalisme dan meningkatkan rasa kepedulian untuk menolong sesama yang membutuhkan.

"Dengan menjadikan diri kita sebagai pahlawan masa kini maka permasalahan yang melanda bangsa dewasa ini dapat teratasi," tutur Anies.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Saeno
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper