Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Wali Kota Jakarta Utara Sebut Korban Gusuran Sunter Bukan Pemilih Anies

Wali Kota Jakarta Utara Sigit Wijatmoko mengatakan korban penggusuran di kawasan Sunter tidak pernah tercatat dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) di DKI Jakarta.
Sigit Wijatmoko/Beritajakarta.com
Sigit Wijatmoko/Beritajakarta.com

Bisnis.com, JAKARTA - Wali Kota Jakarta Utara Sigit Wijatmoko mengatakan korban penggusuran di kawasan Sunter tidak pernah tercatat dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) di DKI Jakarta.

Sigit menampik pernyataan warga terdampak penggusuran di Sunter yang mengaku bahwa mereka merupakan pemilih Anies Baswedan saat Pilkada DKI 2017.

"Cek aja, di daftar pemilih sementara maupun daftar pemilih tetap, mereka enggak ada," katanya di Balai Kota DKI, Senin (18/11/2019).

Mantan Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI tersebut mengungkapkan proses penggusuran bangunan di Sunter juga berlangsung damai.

Menurutnya, petugas sudah melakukan sosialisasi sejak dua bulan lalu. Proses tersebut diketahui oleh warga. Bahkan, kata Sigit, warga membongkar bangunan mereka sendiri.

"Untuk penataan dan pembongkaran itu, diberikan kesempatan kepada mereka untuk melakukan pembongkaran. [Pemerintah] Kota hanya supporting aja," imbuhnya.

Sigit mengatakan bangunan yang telah dibongkar sebagian besar merupakan lapak-lapak untuk menjual barang bekas. Namun, ada pula beberapa rumah pribadi dan kontrakan.

Sebagian warga memindahkan barang-barang miliknya ke kawasan Penggilingan, Kebon Bawang, dan Tanah Abang. Dia menuturkan sudah menawarkan unit rusunawa Marunda kepada warga terdampak pengggusuran, tetapi tidak mendapat tanggapan.

"Kita siapkan rusun Marunda, tetapi ternyata mereka tidak ada yang mendaftar. Rata-rata hanya sebagai tempat usaha," ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper