Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rumah DP Nol Rupiah Jilid 2 di Cilangkap Sudah Bisa Dibangun

Perumda Pembangunan Sarana Jaya menepati janjinya untuk mulai membangun Rumah DP Nol Rupiah Jilid 2 pada akhir tahun ini.
Maket proyek rusun Klapa Village. /sarana-jaya.co.id
Maket proyek rusun Klapa Village. /sarana-jaya.co.id

Bisnis.com, JAKARTA — Perumda Pembangunan Sarana Jaya menepati janjinya untuk mulai membangun Rumah DP Nol Rupiah Jilid 2 pada akhir tahun ini.

Direktur Utama Perumda Pembangunan Sarana Jaya Yoory C Pinontoan mengonfirmasi pihaknya akan memulai pembangunan program perumahan unggulan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan ini, yang kali ini berlokasi di Cilangkap, Jakarta Timur.

"Iya betul, tanggal 12 [Desember 2019] ini sudah bisa groundbreaking [peletakan batu pertama]," ujar Yoory ketika dikonfirmasi Bisnis, Selasa (10/12/2019).

Pengadaan Rumah Samawa DP Nol Rupiah Jilid 2 ini akan menyusul 780 unit Rumah Samawa tahap pertama di Klapa Village, Pondok Kelapa, Duren Sawit, Jakarta Timur yang juga dibangun Perumda Pembangunan Sarana Jaya di atas lahan 29.758 m2.

Sebelumnya, Yoory mengungkapkan bahwa pembangunan Rumah DP Nol Rupiah Samawa Cilangkap memiliki spesifikasi bangunan dan lahan yang hampir sama dengan Rumah Samawa Klapa Village, sehingga proyeksi rampung konstruksi pun mirip, yakni 18 bulan.

Yoory menjelaskan bahwa nantinya Rumah Samawa Cilangkap akan dibangun 4 tower. Satu tower untuk Rumah Samawa, sementara tiga lainnya untuk unit komersial. Dengan jumlah unit per tower sekitar 700-800 unit di atas lahan 28.000 m2.

Pembangunan ini akan dibiayai secara campuran, dengan Kerja Sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) dan Penyertaan Modal Daerah (PMD) dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) pemprov DKI Jakarta tahun 2019 dan 2020.

Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) di bidang pembangunan properti ini pun telah mendapat penyertaan modal daerah (PMD) untuk pengadaan tanah dan pembangunan dari Pemprov DKI Jakarta.

Pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P) 2019 Rp800 miliar. Sementara itu, PMD untuk pembangunan yang telah diajukan pada APBD 2020 sebesar Rp600 miliar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Aziz Rahardyan

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper