Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Anies Groundbreaking Program Rumah DP Rp0 Tahap II di Cilangkap

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meresmikan program hunian subsidi rumah DP Rp0 tahap II di Cilangkap, Jakarta Timur.
Anies Groundbreaking Program DP Rp0 Tahap II di Cilangkap, Kamis (12/12/2019). JIBI/Bisnis/Feni Freycinetia
Anies Groundbreaking Program DP Rp0 Tahap II di Cilangkap, Kamis (12/12/2019). JIBI/Bisnis/Feni Freycinetia

Bisnis.com, JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meresmikan program hunian subsidi rumah DP Rp0 tahap II di Cilangkap, Jakarta Timur.

Anies mengatakan proyek yang diberi nama Rumah Samawa Nuansa Cilangkap tersebut merupakan proyek lanjutan dari Klapa Village yang dibangun oleh PD Sarana Jaya.

Menurutnya, syarat uang muka ini kemudian menjadi penghambat masyarakat yang menginginkan memiliki rumah, meskipun memiliki daya bayar bulanan.

"Dengan program yang diselenggarakan ini, masyarakat bisa mendapatkan akses perumahan lewat program DP Rp0," katanya di Cilangkap, Jakarta Timur (12/12/2019).

Anies menambahkan proyek rumah DP Rp0 merupakan program jangka panjang, lantaran besarnya kebutuhan perumahan di DKI Jakarta. Namun, target tersebut dapat diwujudkan apabila pemerintah dan pihak swasta dapat membangun perumahan di beberapa lokasi.

Saat ini, Pemprov DKI baru menugaskan Sarana Jaya untuk membangun Klapa Village dan Nuansa Cilangkap menggunakan yang berasal dari APBD DKI. Sarana Jaya menggandeng PT Totalindo Eka Persada Tbk. untuk menggarap konstruksi di lokasi tersebut.

"Akan banyak pihak mau terlibat di dalam skema pembiayaan atau skema proyek DP nol rupiah ini," imbuhnya.

Direktur Utama PD Sarana Jaya Yoori C. Pinontoan mengatakan proyek hunian DP Rp0  bernama Nuansa Cilangkap terletak di Kelurahan Cilangkap, Kecamatan Cipayung, Kota Administrasi Jakarta Timur.

 "Proyek kedua memiliki lahan kurang lebih 2,9 hektar dan rencananya akan dibangun sebanyak empat tower. Saat ini, satu tower sebanyak 850 unit dengan ketinggian 24 lantai,"

Dia mengatakan ada dua tipe hunian, yaitu tipe studio atau satu kamar tidur dan 2 kamar tidur. Sarana Jaya dan Totalindo Eka Persada berencana menyelesaikan pembangunan menara Samawa di Nuansa Cilangkap selama 18 bulan.

Sarana Jaya telah bergabung menjadi anggota United Nation Global Compact melalui Indonesia Global Compact Network atau IGCN, yaitu organisasi yang berkomitmen untuk mendorong praktik-praktik bisnis yang sesuai dengan SDGs.

Dengan demikian, pembangunan hunian Nuansa Cilangkap ini tidak hanya memberikan pengaruh dari segi visualisasi pembangunan, namun juga dapat berpengaruh positif terhadap kawasan dari berbagai aspek, seperti perekonomian, pendidikan, kesehatan, sosial, lingkungan, dan keselamatan hunian.

"Proyek ini direncanakan akan selesai dalam waktu kurang dari dua tahun, atau pada kuartal ke-III 2021," ucapnya.

Dalam kesempatan tersebut hadir pula pejabat dan tiga orang pimpinan DPRD DKI, yaitu Wakil Ketua DPRD DKI dari Fraksi PKS Abdurrachman Suhaimi, Wakil Ketua DPRD DKI dari Fraksi PAN Zita Anjani, Wakil Ketua DPRD DKI dari Fraksi Demokrat Misan Samsuri, Wali Kota Jakarta Timur Anwar, Kepala Dinas Perumahan Rakyat Kelik Indriyanto, dan Kepala UPT DP Rp0 Dzikran Kurniawan.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper