Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bank DKI Raih Penghargaan Best CFO

Bank DKI meraih penghargaan Best Chief Financial Officer (CFO) in Financial Institution 2019.
Aktivitas di salah satu cabang Bank DKI/Bisnis.com
Aktivitas di salah satu cabang Bank DKI/Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA--Bank DKI meraih penghargaan Best Chief Financial Officer (CFO) in Financial Institution 2019.

Penghargaan tersebut diberikan kepada Direktur Keuangan Bank DKI Sigit Prastowo. Badan Usaha Milik Daerah DKI tersebut menjadi salah satu di antara 20 bank yang memiliki pertumbuhan kinerja keuangan yang baik pada periode Juni 2017 sampai Juni 2019.

Sigit Prastowo mengatakan membaiknya kinerja ditunjukkan seiring peningkatan realisasi total kredit dan pembiyaan yang disalurkan Bank DKI.

"Realisasi total kredit dan pembiayaan tercatat sebesar Rp29,5 triliun per Juni 2019 atau tumbuh 5,9 % dibanding periode yang sama tahun sebelumnya, yaitu Rp27,9 triliun," ujarnya seperti dikutip dalam siaran pers, Jumat (13/12/2019).

Dia mengungkapkan Bank DKI terus mendorong peningkatan penyaluran kredit, terutama kepada sektor UMKM di DKI Jakarta. Lebih lanjut, pertumbuhan kredit perseroan didorong oleh kredit pada segmen UMKM yang tumbuh sebesar tumbuh 18% (yoy), yaitu dari Rp1,1 triliun menjadi Rp1,3 triliun.

Pertumbuhan Kredit Segmen UMKM tersebut ditopang oleh pertumbuhan kredit mikro yang mencatatkan pertumbuhan 33,3% dimana tercatat sebesar Rp843,0 miliar per Juni 2019.

Menurutnya, segmen UMKM merupakan sektor ekonomi yang prospektif. Bank DKI juga fokus mendukung program kerja Pemprov DKI Jakarta. Sigit mengungkapkan pihaknya telah melakukan penandatanganan perjanjian kredit mikro secara massal kepada total 250 peserta program Pengembangan Kewirausahaan Terpadu (PKT).

"Perjanjian kredit PKT diwakili oleh 40 wirausahawan dalam acara Business Matching bersama Pemprov DKI dan Otoritas Jasa Keuangan," imbuhnya.

Dari sisi dana pihak ketiga (DPK), lanjutnya, dana tabungan menunjukkan pertumbuhan yang baik sebesar 15,9% dari semula tercatat sebesar Rp8,1 triliun menjadi sebesar Rp9,4 triliun pada akhir Juni 2019.

Pertumbuhan dana tabungan tersebut mendorong peningkatan rasio dana murah yang ditunjukkan dari komposisi CASA sebesar 54,5% dari periode yang sama tahun sebelumnya sebesar 50,9%. Adapun, total aset tercatat sebesar Rp45,6 triliun.

Sigit mengatakan berbagai pencapaian kinerja bisnis tersebut telah mendorong realisasi pencapaian laba bersih Bank DKI sebesar Rp 372,1 miliar pada Juni 2019. Nilai tersebut tumbuh 4,4% dari periode yang sama tahun sebelumnya sebesar Rp356,4 miliar.

"Pertumbuhan laba bersih tersebut ditopang oleh peningkatan pendapatan bunga bersih per Juni 2019 yang tercatat sebesar 8,9%," ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper