Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Transjakarta Wajibkan Pelanggan Tap In-Tap Out di Semua Bus GR dan Rute Wisata Mulai 1 Februari

PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) akan melakukan pemasangan Tap On Bus (TOB) pada seluruh rute bus GR dan bus wisata.
Penumpang berada di dalam Bus Transjakarta/Antara-Muhammad Adimaja
Penumpang berada di dalam Bus Transjakarta/Antara-Muhammad Adimaja

Bisnis.com, JAKARTA--PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) akan melakukan pemasangan Tap On Bus (TOB) pada seluruh rute bus GR dan bus wisata.

Kepala Divisi Sekretaris Korporasi dan Humas PT Transjakarta Nadia Diponsanjoyo mengatakan pemasangan ini dilakukan sebagai upaya mewujudkan cita-cita Jakarta sebagai smart city.

"Kebijakan baru ini akan diberlakukan mulai tanggal 1 Februari mendatang. Pelanggan yang akan menggunakan layanan tersebut wajib tap in dan tap out di dalam bus," ujarnya seperti dikutip dalam siaran pers, Minggu (12/1/2020).

Dia menuturkan proses tap in dan tap out perlu dilakukan pelanggan agar Transjakarta dapat merumuskan formula layanan baru atau berbagai penawaran lain yang sesuai dengan kesukaan pelanggan.

Contohnya adalah penggunaan kartu Jaklingko yang apabila dilakukan tap out pada saat naik mikrotrans, maka akan dapat menikmati potongan tarif lanjutan.

Meski wajib tap in dan tap out, dia memastikan saldo di dalam uang elektronik milik pelanggan tidak ada terpotong.

"Pelanggan bus GR dan rute wisata tetap dapat menikmati layanan ini secara gratis. Kami pastikan saldi tidak terdebit. Dengan demikian, petugas tidak perlu memberikan tiket sobek seperti biasanya," imbuhnya.

Untuk itu, Nadia meminta seluruh pelanggan untuk memiliki kartu pembayaran elektronik sebelum menggunakan kedua layanan tersebut. Pelanggan juga bisa menggunakan kartu yang dikeluarkan Pemprov DKI, yaitu kartu JakLingko.

Dengan satu kartu pelanggan bisa menikmati berbagai moda transportasi lainnya, misalya layanan Mikrotrans JakLingko, Transjakarta, dan MRT Jakarta.

Sebelumnya, Transjakarta telah melakukan pemasangan Tap On Bus (TOB) di seluruh rute Non-Bus Rapid Transit (BRT). Pemasangan ini selesai dikerjakan pada 10 Desember 2019 lalu. Dengan begitu, total sudah sebanyak 33 rute milik perseroan yang telah terpasang TOB.

Untuk meningkatkan budaya mandiri bertransportasi, Perseoran juga menerapkan sistem Wayfinding atau pengarah perjalanan. Adapun, sistem menggunakan suara di dalam bus yang menggunakan pengeras suara sebagai pengarah perjalanan. Selain itu, terdapat juga peta rute yang terletak di atas pintu bus dan petugas yang selalu siaga membantu pelanggan di halte-halte milik TransJakarta yang ada serta mewajibkan pelanggan untuk Tap in dan Tap Out.

Adapun rute GR dan Rute Wisata Mulai diberlakukan TOB pada tanggal 02 Februari 2020 sebagai berikut:

*Rute GR1. Bundaran Senayan – Harmoni*

*Rute GR2. Tanah Abang Explorer*

*Rute BW1. Wisata Sejarah Jakarta*

*Rute BW2. Wisata Jakarta Modern*

*Rute BW3. Wisata Kesenian dan Kuliner*

*Rute BW4. Wisata Pencakar Langit Jakarta*

*Rute BW5. Wisata Ruang Terbuka & Kalijodo*

*Rute BW6. Wisata Cagar Budaya Jakarta*

*Rute BW7. Wisata Belanja Jakarta*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper