Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Fenomena 'Hijrah' di Ibu Kota Butuh Dukungan Ekosistem Syariah

Dukungan ekosistem syariah yang baik, diperlukan untuk mengakomodasi masyarakat yang terkena Fenomena 'Hijrah' di kawasan perkotaan.

Bisnis.com, JAKARTA — Dukungan ekosistem syariah yang baik, diperlukan untuk mengakomodasi masyarakat yang terkena Fenomena 'Hijrah' di kawasan perkotaan.

Ketua Komite Tetap Bidang Keuangan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) DKI Jakarta Tito Maulana menjelaskan bahwa ekosistem tersebut akan sangat membantu muslim enthusiast, terutama yang kemudian terjun dalam dunia usaha.

"Jakarta memang bisa menjadi barometer. Karena yang hijrah itu biasanya di perkotaan," ujarnya kepada Bisnis, Selasa (21/1/2019).

Menurut pria yang baru membentuk komunitas Tajir, yaitu gerakan muamalah kolaboratif para pelaku usaha dan profesional muslim yang hijrah ini, ada tiga hal yang masih dicemaskan para anggotanya.

Yakni keuangan atau pendapatan, pengelolaan keuangan keluarga, dan pendidikan anak. Oleh sebab itu, produk penunjang yang sesuai syariat, pasti akan banyak dipilih oleh para 'pejuang hijrah'

Terlebih, bagi kalangan hijrah yang kerap mengambil jalan ekstrem, misalnya keluar dari pekerjaan. Memulai berwirausaha kerap menjadi pilihan utama.

"Memang pada akhirnya [mayoritas kendala] jadi ada di permodalan. Memang. Tapi kalau kita permodalan itu terakhir. Yang utama itu atitude, ilmu berbisnis dan bermuamalah. Karena memang nggak banyak yang tahu," jelasnya.

"Makanya kita mulai awalnya dengan menggandeng BNI Syariah, untuk memperkenalkan juga produk-produk syariah. Yang untuk permodalan usaha juga. Tapi kita tetap menekankan bahwa modal itu perlu, tapi yang terakhir," ungkapnya.

Menurut Tito, komunitas yang didirikannya lebih menitikberatkan manajemen internal untuk memulai usaha sesuai syariat. Menurutnya, kalau usahanya bagus, akses permodalan itu datang sendiri.

Namun, alangkah lebih baik lagi apabila pemerintah dan seluruh stakeholder mendukung tumbuhnya ekosistem syariah itu sendiri.

"Dengan anggaran besar dan punya banyak BUMD, harusnya bisa tuh, Bank DKI yang Syariah kita genjot, optimalkan. Kadin DKI Jakarta sendiri yang dulu punya peranan menggenjot realisasi adanya unit usaha syariah [di Bank DKI], loh," ungkapnya.

Terpenting, kini yang dibutuhkan adalah membangun 'awareness' buat warga Jakarta. Membina ekosistem syariah harus berawal dari kesadaran masyarakat.

"Pak Anies-Sandi sendiri dulu itu kan berkampanye mau membuat Jakarta sebagai pusat ekonomi syariah dunia. Ayo, diupayakan lagi, jangan sampai hilang. Usaha mikro-makro harus dirangkul, harus ada edukasi prinsip-prinsip bisnis syariah dan standar-standarnya supaya Jakarta benar-benar bisa jadi pusat ekonomi syariah dunia," tutupnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Aziz Rahardyan
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler