Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Teka-Teki Alamat Kontraktor Revitalisasi Monas Sedikit Terkuak

PT Bahana Prima Nusantara rupanya mempunyai dua alamat kantor. Bahana Prima merupakan perusahaan konstruksi yang memenangi proyek revitalisasi Monas.
Kawasan Monas/Antara
Kawasan Monas/Antara

Bisnis.com, JAKARTA – Teka-teki soal alamat kantor perusahaan konstruksi yang memenangi proyek revitalisasi Monas sedikit terkuak. Sebelumnya, alamat PT Bahana Prima Nusantara disebut-sebut di area perkampungan dan kurang meyakinkan sebagai pemenang proyek senilai Rp71,3 miliar dari Pemprov DKI.

PT Bahana Prima Nusantara rupanya mempunyai dua alamat kantor. Bahana Prima merupakan perusahaan konstruksi yang memenangi proyek revitalisasi Monas.

Dari penelusuran Tempo, kantor Bahana Prima yang terletak di wilayah Ciracas, Jakarta Timur, merupakan virtual office (kantor virtual) yang bergandengan dengan percetakan Cahaya 33 Digital Printing.

Pengelola Virtual dan Sewa Kantor Cahaya 33, Sri Sudarti, mengatakan PT Bahana Prima Nusantara telah menyewa kantor tersebut sejak 2014.

“Dia di sini sewa. Kalau kantor aslinya di Letjend Suprapto Nomor 60, Jakarta Pusat,” kata Sri kepada Tempo, Selasa (21/1/2020).

Sri mengatakan alasan Bahana menyewa kantor itu karena harus mengikuti aturan perizinan yang hanya membolehkan perusahaan berdiri di komplek perkantoran.

“Karena berhubungan dengan surat menyurat perizinan. Kan perkantoran itu harus ada di zona perkantoran. Kebetulan dia (Bahana) kantornya tidak di zona perkantoran sehingga dia sewa di sini,” kata Sri.

Sri menambahkan, fungsi kantor virtual dari PT Bahana Prima Nusantara sebagai lokasi alamat dalam perizinan dan surat menyurat. “Kalau aktivitasnya di Letjend Suprapto sana. Nah, alamat di sini digunakan untuk surat menyurat dan administrasi lainnya,” sebut dia.

Sri menyebut sudah banyak proyek yang dilakukan oleh PT Bahana Prima Nusantara dan sering didatangi oleh tim survei. “Kantornya benar ada di sini. Jadi kalau mau meeting, survei, dan surat menyurat ke alamat ini,” kata Sri.

Menurut Sri, selain Bahana ada kurang lebih 34 perusahaan yang menyewa kantor virtual di Cahaya 33. Ia mengklaim Cahaya 33 masuk dalam zona perkantoran dan bukan rumah seperti yang disebut-sebut banyak pihak.

Bahana, lanjut dia, menyewa ruang kantor seluas 15 meter persegi. Namun, Tempo tidak diizinkan saat hendak mengambil gambar suasana ruang kantor. “Jangan ya. Takut mengganggu yang lain,” kata Sri.

Sebelumnya, Partai Solidaritas Indonesia (PSI) menyoroti perusahaan pemenang tender revitalisasi Monas, yakni Bahana Prima. PSI menyebut alamat PT Bahana Prima Nusantara sangat tidak meyakinkan.

“Pemprov @DKIJakarta lelang konstruksi Penataan Monas, nilai HPS Rp71,3 M. Pemenang: PT Bahana Prima Nusantara Alamat: Jalan Nusa Indah No 33, Ciracas, Jaktim. Dicek di Google Map, lokasinya kurang meyakinkan nih," kata Anggota DPRD DKI Jakarta Fraksi PSI, Justin Adrian Untayana dalam cuitan akun Twitternya @JustinPsi, Senin 20 Januari 2020.

Dalam unggahannya Justin menyertakan dua buah foto lokasi yang ditulis sebagai alamat perusahaan pemenang tender, yaitu di Jalan Nusa Indah No. 33 RT 01 RW 07 Ciracas Jakarta Timur - Jakarta Timur (Kota) - DKI Jakarta. Dalam dua foto tersebut, lokasi alamat yang ditulis merupakan area perkampungan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : JIBI
Sumber : Tempo.co
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper