Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Diragukan PSI, Ternyata Begini Kantor Kontraktor Proyek Revitalisasi Monas

Kantor PT Bahana Prima Nusantara, kontraktor pemenang tender proyek revitalisasi Monas Rp 73,1 miliar berada di sebuah jalan sempit di pemukiman padat.
Kantor kontraktor PT. Bahana Prima Nusantara di kawasan Ciracas Jakarta Timur/Twitter@JustinPsi
Kantor kontraktor PT. Bahana Prima Nusantara di kawasan Ciracas Jakarta Timur/Twitter@JustinPsi

Bisnis.com, JAKARTA - Kantor PT Bahana Prima Nusantara, kontraktor pemenang tender proyek revitalisasi Monas Rp 73,1 miliar berada di sebuah jalan sempit di pemukiman padat. 

Hasil penelusuran menunjukkan perusahaan kontraktor itu berkantor di atas sebuah percetakan dua lantai bernama Cahaya 33 digital printing.

Alamat kantor itu diperoleh dari laman www.lpse.jakarta.go.id bahwa pemenang lelang yang diselenggarakan oleh Dinas Cipta Karya, Tata Ruang, dan Pertanahan (Citata) DKI Jakarta adalah PT. Bahana Prima Nusantara yang beralamat di Jalan Nusa Indah, No. 33, RT01/RW07, Ciracas, Jakarta Timur.

“Iya ini benar alamatnya, ini digital printing,” sebut salah seorang pegawai wanita yang tak ingin disebutkan namanya, Selasa 21 Januari 2020.

Wanita berkerudung ini juga menyebut tidak mengetahui nama PT. Bahana Prima Nusantara. Namun, ia mengarahkan agar menunggu sebentar karena pemilik percetakan akan segera datang. 

“Ditunggu saja, nanti pemilik percetakan datang,” kata dia.

Namun, hingga siang, pemilik percetakan tak datang.

Di depan usaha percetakan itu terpampang berbagai nama perusahaan dengan macam-macam bidang, mulai dari konstruksi, perdagangan, konsultan, garment, percetakan dan sebagainya.

Kurang lebih ada 34 nama perusahaan dan salah satunya terdapat nama PT. Bahana Prima Nusantara dengan bidang usaha kontraktor.

“Disini sih ada banyak kantor, ada di lantai dua,” kata seorang pekerja percetakan.

Kontraktor PT. Bahana Prima menarik perhatian karena memenangkan tender revitalisasi Monas dengan Harga Perkiraaan Satuan (HPS) pekerjaan konstruksi senilai Rp71,3 miliar.

Proyek revitalisasi penataan kawasan Monas memiliki pagu anggaran hingga Rp 148 miliar. 

Sebelumnya, Partai Solidaritas Indonesia (PSI) menyoroti perusahaan pemenang tender revitalisasi Monas tersebut. PSI menyebut alamat PT Bahana Prima Nusantara sangat tidak meyakinkan.

"Pemprov @DKIJakarta lelang konstruksi Penataan Monas, nilai HPS Rp71,3 M. Pemenang: PT. Bahana Prima Nusantara Alamat: Jl. Nusa Indah No 33, Ciracas, Jaktim. Dicek di Google Map, lokasinya kurang meyakinkan nih," kata anggota DPRD DKI Jakarta Fraksi PSI, Justin Adrian Untayana dalam cuitan akun twitternya @JustinPsi, Senin 20 Januari 2020.

Dalam unggahannya, wakil ketua Fraksi PSI DKI ini juga menyertakan dua buah foto lokasi yang ditulis sebagai alamat perusahaan pemenang tender revitalisasi Monas tersebut yaitu di Jl. Nusa Indah No. 33 RT 01 RW 07 Ciracas Jakarta Timur - Jakarta Timur (Kota) - DKI Jakarta. 

Dalam dua foto tersebut, lokasi alamat yang ditulis merupakan area perkampungan warga padat penduduk dengan jalanan yang sempit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : JIBI
Editor : Nancy Junita
Sumber : Tempo.Co
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper