Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Anies Bawa Dua Opsi Sirkuit Formula E ke Jokowi

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan bertemu Presiden Joko Widodo untuk membahas kepastian lokasi sirkuit ajang balap mobil listrik Formula E.
Salah satu jenis mobil balap Formula E/Reuters
Salah satu jenis mobil balap Formula E/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mewakili pihak Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan bertemu Presiden Joko Widodo untuk membahas kepastian lokasi sirkuit ajang balap mobil listrik Formula E.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Bina Marga DKI Jakarta Hari Nugroho menanggapi bocornya surat Kementerian Sekretariat Negara selsku Komisi Pengarah Pembangunan Kawasan Taman Merdeka (Komrah) yang masih membuka kemungkinan Formula E berada di Monas.

"Ini kita lagi ada beberapa alternatif [lokasi]. Nanti saja deh, nunggu. Rencananya InsyaAllah pak gubernur mau ketemu pak presiden, malam ini," ungkapnya ketika ditemui di Balai Kota DKI Jakarta, Senin (10/2/2020).

Hari enggan berkomentar lebih lanjut terkait isi 'permohonan restu' yang akan dibawa Anies ke Presiden Jokowi. Namun, menurutnya, hal paling utama yakni meminta kejelasan terkait izin.

Hal ini sebab dalam surat yang ditandatangani Menteri Sekretaris Negara Pratikno selaku Kepala Komrah itu mengizinkan Formula E berada di Monas dengan syarat.

Di antaranya, merencanakan konstruksi lintasan, tribun penonton, dan fasilitas lainnya dilakukan sesuai dengan peraturan perundang-undangan, menjaga keasrian, kelestarian vegetasi pepohonan, serta kebersihan dan kebersihan lingkungan kawasan Medan Merdeka.

Selain itu, Pemprov diminta menjaga keamanan dan ketertiban, serta melibatkan instansi terkait guna menghindari perubahan fungsi, kerusakan lingkungan dan kerusakan cagar budaya di kawasan Medan Merdeka.

Oleh sebab itu, kemungkinan besar Pemprov DKI Jakarta masih akan mengusung dua opsi pilihan lokasi, "Ada dua pilihan, kalau seandainya tidak diperbolehkan di Monas kan di area GBK [Gelora Bung Karno], tapi kalau diperbolehkan di Monas, ya ditindaklanjuti, gitu loh," ungkap Hari.

Menurut Hari, bertemunya Anies dengan Jokowi ini bukan berarti lokasi Formula E menjadi masalah. Justru kejelasan diperlukan agar semua pihak lega.

Selain itu, sebagai salah satu bagian pengurus infrastruktur Formula E, Hari mengaku semua progres pembangunan masih on the track dan tetap ditargetkan rampung pada April 2020.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper