Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Transjakarta Luncurkan 6 Bus Rute Manggarai-Tosari selama Rekayasa Operasi KRL

Nadia menambahkan bahwa salah satu keuntungan transportasi berbasis jalan yang dimiliki pemprov DKI ini adalah fleksibilitas perjalanan dan rute yang dapat didesain.
Bus Transjakarta menunggu kedatangan penumpang di Terminal Blok M, Jakarta, Selasa (11/2/2020). Bisnis/Triawanda Tirta Aditya
Bus Transjakarta menunggu kedatangan penumpang di Terminal Blok M, Jakarta, Selasa (11/2/2020). Bisnis/Triawanda Tirta Aditya

Bisnis.com, JAKARTA - PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) menambah lagi armada pengumpan rute direct Manggarai-Tosari untuk menjemput penumpang Kereta Rel Listrik (KRL) terdampak perbaikan wesel.

Seperti diketahui, peningkatan keandalan prasarana perkeretaapian oleh PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) bersama PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi 1 Jakarta ini akan berlangsung di Stasiun Gambir dan Stasiun Jakarta Kota.

Akibatnya, penumpang KRL terutama Commuterline relasi Bogor/Depok - Jakarta Kota dan Cikarang/Bekasi - Jakarta Kota dengan sebagian perjalanan hanya sampai Stasiun Manggarai mulai pada Kamis (13/2/2020) malam hingga Minggu (23/2/2020).

Kepala Divisi Sekretaris Korporasi dan Humas PT Transjakarta Nadia Diposanjoyo menyampaikan bahwa layanan khusus Stasiun Manggarai-Tosari ini merupakan layanan terobosan untuk mengakomodir pelanggan KCI yang perlu bergegas menuju pusat kota untuk bekerja.

Layanan ini diharapkan mampu melengkapi layanan yang sudah ada. Di mana selama ini rute yang melintas KCI merupakan rute lintas koridor 4, sedangkan rute khusus ini adalah rute langsung (direct) yang akan membawa pelanggan KCI menuju pusat kota, halte Transjakarta Tosari di koridor 1 dan melewati berbagai pusat perkantoran dan perniagaan.

"Layanan modifikasi khusus lintas koridor ini dapat ditemui tepat di depan pintu keluar gerbang stasiun KAI Manggarai sehingga pelanggan dapat langsung menuju bus tanpa harus menyebrang ke koridor," ungkap Nadia dalam keterangannya, Kamis (13/2/2020).

Sebanyak 6 bus yang akan mengaspal di rute ini merupakan tipe non-Bus Rapid Transit [nonBRT] tipe single dengan kapasitas 29 berdiri dan 36 duduk serta 1 kursi roda.

“Hal ini kami upayakan sebagai bentuk antisipasi lonjakan pelanggan yang ada di Halte Stasiun Manggarai, terutama di jam-jam sibuk sibuk pagi hari mulai pukul 06.00 – 09.00 WIB dan sore har pukul 17.00 – 20.00 WIB,” tambah Nadia.

Rute layanan Transjakarta direct rute Manggarai–Tosari ini akan melalui Stasiun Manggarai - Halte BRT Manggarai - Jl. Sultan Agung - Jl. Galunggung - Jl. Jendral Sudirman - Halte BRT Tosari - Jl. Blora - Jl. Latuharhari - Jl. Galunggung - Jl. Tambak - Jl. Manggarai Selatan 1 - Stasiun Manggarai.

Nadia menambahkan bahwa salah satu keuntungan transportasi berbasis jalan yang dimiliki pemprov DKI ini adalah fleksibilitas perjalanan dan rute yang dapat didesain dan operasikan dalam waktu cepat.

"Sehingga kita dapat terus menghubungkan denyut kehidupan warga selama berkegiatan di DKI Jakarta," ungkapnya.

Fleksibilitas menjadi sebuah keunggulan Transjakarta yang sudah memiliki armada terintegrasi, teknisi handal, dan pramudi yang mumpuni. Buktinya, per hari ini Transjakarta telah mulai menambah 20 armada untuk rute relasi Stasiun Manggarai.

Yakni bus untuk koridor 4 (Pulogadung-Tosari), 4B (Manggarai-Universitas Indonesia), 4D (Pulogadung-Patra Kuningan), 4H (Pulogadung-Ragunan), 6F (Ragunan-Manggarai), 6M (Manggarai-Blok M), B23 (Bekasi Timur-Manggarai), serta M4 (Pulogadung-Dukuh Atas).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Aziz Rahardyan
Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper