Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mau Wisata ke Ancol Hari Ini? Baca Dulu Aturan Bagi Pengunjung

Taman Impian Jaya Ancol beroperasi kembali hari ini, pengunjung yang ingin berwisata diharapkan membaca aturan terbaru pada masa PSBB Transisi ini.
Suasana lengang terlihat di Pantai Ancol, Jakarta, Jumat (29/5/2020). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti
Suasana lengang terlihat di Pantai Ancol, Jakarta, Jumat (29/5/2020). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA - Taman Impian Jaya Ancol dijadwalkan untuk beroperasi kembali dalam masa pembatasan sosial berskala besar (PSBB) Transisi dengan dibuka kembali dan melayani pengunjungnya pada hari ini.

Berdasarkan laman resmi Ancol yang dikutip, Sabtu (20/6/2020), pihak manajemen membeberkan informasi penting yang diterapkan dan wajib diketahui oleh seluruh pengunjung. Pertama, selama masa operasional terbatas pembelian tiket hanya dilakukan secara daring melalui situs resmi Ancol.

Pembelian tiket sudah mencakup tiket Gerbang Ancol dan unit rekreasi. Jika pengunjung membawa kendaraan, maka wajib membeli tiket kendaraan di halaman tiket tersebut.

Pengunjung wajib mengisi data diri dan formulir pernyataan yang tercantum dalam website. Pembelian tiket dapat dilakukan selama kuota masih ada, tetapi untuk reservasi khusus pengguna annual pass dan juga pembelian di mitra online travel agent atau OTA wajib dilakukan H-2 sebelum kunjungan.

Manajemen Ancol juga melakukan pembatasan jumlah pengunjung secara bertahap sampai dengan 50 persen dari kapasitas normal serta tidak memperbolehkan anak dibawah usia 5 tahun, ibu hamil, dan usia di atas 50 tahun rekreasi di Ancol.

Selain itu selama masa PSBB Transisi, manajemen hanya mengijinkan warga ber-KTP DKI Jakarta saja yang dapat melakukan pembelian tiket dan reservasi untuk berekreasi ke Ancol.

Kedua, selama masa transisi manajemen akan memberlakukan penyesuaian kegiatan operasional. Unit rekreasi juga akan dilakukan pembukaan secara bertahap.

Adapun, unit rekreasi yang akan dibuka terlebih dahulu adalah kawasan Pantai, Allianz Ecopark, Pasar Seni, Dunia Fantasi (Dufan), Ocean Dream Samudra dan Sea World Ancol, serta restoran yang berada di dalam kawasan Ancol dan penginapan Putri Duyung Resort serta Pulau Bidadari. Sementara untuk unit rekreasi air Atlantis Water Adventures dipersiapkan akan dibuka pada tahap selanjutnya.

Selain itu terdapat penyesuaian pembukaan Pintu Gerbang Ancol, saat hari biasa (weekdays) pengunjung dapat melalui Pintu Gerbang Timur dan Busway, sementara untuk akhir pekan (weekend) dapat melalui Pintu Gerbang Barat, Timur dan Busway.

Sementara, informasi jam operasionalnya antara lain, Pintu Gerbang Ancol : pukul 06.00 – 18.00 WIB, Pantai dan Kawasan Ancol : pukul 06.00 – 20.00 WIB, Dunia Fantasi (Dufan) : pukul 10.00 – 17.00 WIB, Ocean Dream Samudra dan Seaworld Ancol : pukul 09.00 – 17.00 WIB, dan Allianz Ecopark : pukul 07.00 – 17.00 WIB.

Ketiga, manajemen menerapkan protokol kesehatan bagi seluruh pengunjung, karyawan dan mitra yang ada dalam kawasan Ancol. Protokol tersebut mencakup suhu tubuh maksimal 37,3C, penggunaan masker, dan pengaturan jaga jarak fisik.

Pengunjung juga diharapkan membawa peralatan pribadi seperti alat makan serta alat ibadah, juga dianjurkan untuk membawa hand sanitizer pribadi bila diperlukan setiap saat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper