Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Polda Metro Panggil Anies, PDIP Belum Berpikir Gunakan Hak Interpelasi

Partai Solidaritas Indonesia telah menggulirkan hak interpelasi untuk meminta keterangan kepada Anies.
Gembong Warsono/Istimewa
Gembong Warsono/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA — Ketua Fraksi PDIP di DPRD DKI Jakarta, Gembong Warsono, mengatakan partainya belum berencana mengajukan hak interpelasi untuk meminta keterangan kepada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan terkait dugaan pembiaran pelanggaran protokol kesehatan oleh Front Pembela Islam (FPI) di Ibu Kota sepekan terakhir.

Gembong beralasan pihaknya masih berfokus pada pembahasan APBD 2021. Menurut Gembong, pengajuan hak interpelasi itu lebih pada sikap politik suatu partai.

“Itu kan soal sikap politik itu, kemudian kita sekarang lagi fokus bekerja pembahasan APBD 2021 intinya itu,” kata Gembong saat dihubungi pada Selasa (17/11/2020).

Di sisi lain, Partai Solidaritas Indonesia (PSI) DKI Jakarta telah menggulirkan hak interpelasi untuk meminta keterangan kepada Anies karena telah melakukan pembiaran terhadap acara keramaian yang dihadiri ribuan massa di tengah pandemi Covid-19 yang dilakukan pemimpin ormas Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab.

“Kami perlu tekankan bahwa pemanggilan ini bukan urusan politik, namun ini adalah tentang penegakan protokol kesehatan yang menyangkut nyawa ribuan warga Jakarta. Kami menyayangkan, acara keramaian sudah diketahui sejak jauh-jauh hari, namun Pak Gubernur tidak ada niat untuk menegakkan aturan yang dibuatnya sendiri,” kata Wakil Ketua Komisi E dari Fraksi PSI DKI Jakarta melalui pesan tertulis pada Senin (16/11/2020).

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memenuhi panggilan Polda Metro Jaya untuk dimintai klarifikasi terkait kerumunan massa di rumah Habib Rizieq Shihab (HRS) di Petamburan, Jakarta Pusat, pada masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi.

"Jadi, hari ini saya datang ke sini sebagai warga negara untuk memenuhi undangan dari Polda Metro Jaya," kata Anies di Mako Polda Metro Jaya, Selasa (17/11/2020).

Anies datang bersama stafnya dan tiba di Polda Metro Jaya sekitar pukul 9.43 WIB.

Anies mengatakan telah menerima undangan klarifikasi dari Polda Metro Jaya pada 15 November dan Selasa  (17/11/2020) ini datang kepada pihak kepolisian untuk memenuhi panggilan tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper