Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Alasan Kapolda Metro Jaya Tawarkan Program Kampung Tangguh di Ibu Kota

Irjen Pol Mohammad Fadil Imran semasa menjabat Kapolda Jawa Timur, sukses mengembangkan program kampung tangguh yang berperan dalam menekan angka positif Covid-19.
Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Mohammad Fadil Imran. /Antara
Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Mohammad Fadil Imran. /Antara

Bisnis.com, JAKARTA — Kapolda Metro Jaya Irjen Mohammad Fadil Imran memperkenalkan Program Kampung Tangguh ke pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta pada Kamis (26/11/2020).

Fadil menuturkan Program Kampung Tangguh itu ditargetkan dapat menjadi langkah pemolisian atau penciptaan ketertiban di setiap wilayah Rukun Tetangga (RT) dan Rukun Warga (RW) yang ada di Ibu Kota.

“Ini sebuah konsep, pemolisian yang sudah ada dan memiliki succes story di beberapa negara maju. Kita hanya menyesuaikan sesuai dengan demografi, kultur, dan kebutuhan saat ini,” kata Fadil saat ditemui di DPRD DKI Jakarta.

Selain itu, dia mengatakan, program itu diharapkan dapat membantu percepatan penanganan pandemi Covid-19 di Ibu Kota. Lalu, pengelolaan dampak sosial ekonomi dari pandemi Covid-19. Selain menjaga ketertiban masyarakat agar terbebas dari narkoba, berita bohong atau hoaks dan paham radikal.

“Kita bisa mengoptimalkan agar wilayah itu menjadi aman, bebas narkoba, bebas hoaks, bebas radikalisme, intoleransi dan sebagainya. Insyaallah nanti akan berjalan saya yakin bisa berjalan dengan baik,” kata dia.

Seperti diberitakan sebelumnya, semasa menjabat sebagai Kapolda Jawa Timur, Fadil sukses mengembangkan program kampung tangguh yang diyakini juga berperan dalam upaya menekan angka positif Covid-19.

Menurut Fadil, kampung tangguh yang ada di Jakarta akan berbeda dengan kampung tangguh yang ada di Jawa Timur, karena disesuaikan dengan alam, budaya dan demografi masyarakatnya.

Saat ini, lanjut dia, tim akademis sedang melakukan kajian untuk membuat kampung tangguh di Jakarta sesuai dengan alam, budaya dan demografi penduduknya.

"Tim kami, Polda, dari Kodam Jaya, sedang mempelajari bagaimana mengoptimalisasi potensi yang dimiliki oleh DKI dan dimiliki oleh masyarakt untuk sama-sama bergerak memberikan sumbangsih untuk kita bisa sinergi dan kolaborasi membebaskan Jakarta dari Covid-19," kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper