Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kep. Seribu Zona Kuning Covid-19, Bupati Minta Wisatawan Disiplin Prokes

Kepulauan Seribu saat ini masih berada dalam zona kuning atau wilayah rendah penyebaran Covid-19.
Pulau Pramuka di Kepulauan Seribu./Istimewa
Pulau Pramuka di Kepulauan Seribu./Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA — Bupati Kepulauan Seribu Junaedi meminta supaya wisatawan yang hendak berkunjung ke wilayahnya selama libur akhir tahun untuk disiplin menerapkan protokol kesehatan (prokes).

Alasannya, Kepulauan Seribu saat ini masih berada dalam zona kuning atau wilayah rendah penyebaran Covid-19.

“Khususnya di tengah masa libur Natal 2020 dan Tahun Baru 2021, Kepulauan Seribu saat ini masih dalam zona kuning. Mari kita jaga Kepulauan Seribu untuk menjadi zona hijau kembali seperti awal tahun 2020,” kata Junaedi melalui keterangan video pada Senin (28/12/2020).

Dengan demikian, dia meminta agar wisatawan yang berencana berkunjung ke Kepulauan Seribu untuk tetap menerapkan protokol kesehatan. Langkah itu dilakukan untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

“Untuk itu perlu kesadaran warga maupun wisatawan yang berkunjung ke Kepulauan Seribu dengan selalu menerapkan protokol kesehatan memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak,” kata dia.

Sebelumnya, DKI Jakarta mencatatkan kasus harian terkonfirmasi Covid-19 tertinggi sebanyak 1.997 kasus pada Minggu (27/12/2020). Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengaku data tersebut mendapat tambahan kumulatif dari rumah sakit swasta yang baru melapor.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta Dwi Oktavia memaparkan bahwa berdasarkan data terkini Dinas Kesehatan Pemprov DKI, dilakukan tes polymerase chain reaction (PCR) sebanyak 12.424 spesimen.

Dari jumlah tes tersebut, sebanyak 10.612 orang dites PCR untuk mendiagnosis kasus baru dengan hasil 1.509 positif dan 9.103 negatif. Namun, total penambahan kasus positif sebanyak 1.997 kasus, lantaran terdapat akumulasi data sebanyak 488 kasus dari 1 laboratorium RS Swasta, tanggal 23 dan 24 Desember 2020 yang baru dilaporkan.

“Untuk rate tes PCR total per 1 juta penduduk sebanyak 192.283. Jumlah orang yang dites PCR sepekan terakhir sebanyak 98.133," kata Dwi melalui siaran pers Pemprov DKI, Minggu (27/12/2020).

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitangandengansabun

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Zufrizal
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper