Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Anies - Ariza Uji Coba Bawa Sepeda Non Lipat di MRT Jakarta

Akses untuk sepeda nonlipat tersedia tiga stasiun MRT Jakarta, Lebak Bulus Grab, Blok M BCA, dan Bundaran HI.
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Wakil Gubernur DKI Ariza Patria melakukan uji coba untuk membawa sepeda non lipat ke dalam fasilitas MRT Jakarta / MRT Jakarta
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Wakil Gubernur DKI Ariza Patria melakukan uji coba untuk membawa sepeda non lipat ke dalam fasilitas MRT Jakarta / MRT Jakarta

Bisnis.com, Gubernur Provinsi DKI Jakarta Anies Baswedan melakukan uji coba fasilitas sepeda non lipat di moda transportasi MRT Jakarta.

Uji coba dimulai Stasiun Lebak Bulus Grab serta ditemani oleh Wakil Gubernur Provinsi DKI Jakarta Achmad Riza Patria, Sekretaris Daerah Marullah Matali, dan Kepala Dinas Perhubungan Syafrin Liputo.

Rombongan disambut langsung oleh Direktur Utama PT MRT Jakarta (Perseroda) William Sabandar serta Direktur Operasi dan Pemeliharaan Muhammad Effendi. Selama berada di Stasiun Lebak Bulus Grab, Anies terlihat antusias dan berdiskusi dengan direksi terkait fitur baru tersebut.

Anies dan rombongan kemudian menggunakan ratangga tujuan Stasiun Bundaran HI pukul 06.44 WIB. Sesampainya di Stasiun Bundaran HI, rombongan melanjutkan perjalanan menuju Balaikota Provinsi DKI Jakarta dengan bersepeda.

“Pagi ini, Gubernur mencanangkan pelaksanaan kegiatan pemberian akses sepeda non lipat di MRT Jakarta. Kita melakukannya di tiga stasiun, yaitu Lebak Bulus Grab, Blok M BCA, dan Bundaran HI," kata William dalam keterangan resmi, Rabu (24/3/2021).

Dia menuturkan ada beberapa masukan yang diberikan kepada MRT Jakarta, seperti menambah rambu petunjuk (signage), tempat antre, dan sosialisasi kepada masyarakat.

Menurutnya, Gubernur Anies merasa puas dengan fasilitas untuk sepeda non lipat. Meski demikian, Anies menghimbau agar dalam pelaksanaannya dapat melibatkan saran dari publik serta terus melakukan peningkatkan kenyamanan para pengguna MRT Jakarta.

William juga menyebutkan penyediaan fasilitas ini telah melalui kajian yang dalam dan melibatkan sejumlah pihak terkait seperti komunitas Bike to Work dan ITDP.

Saat ini, PT MRT Jakarta menyediakan akses sepeda non lipat di tiga stasiun, yaitu Lebak Bulus Grab, Blok M BCA, dan Bundaran HI. Di setiap stasiun tersebut juga disediakan fasilitas parkir sementara di sejumlah titik seperti sekitar mesin penjual tiket (ticket vending machine), toilet, dan musala.

Meski demikian, pengguna sepeda non lipat hanya boleh menggunakan MRT Jakarta di luar jam sibuk (07.00—09.00 dan 17.00—19.00), menggunakan kereta nomor enam di setiap rangkaian, serta maksimal empat sepeda per keberangkatan.

Demi menunjang kenyamanan penumpang dalam menggunakan fasilitas sepeda non lipat, MRT Jakarta juga menyediakan jalur sepeda yang terletak pada tangga stasiun dan sticker tanda pada stasiun dan kereta. Adapun, kebijakan sepeda nonlipat ini telah melalui berbagai tahap uji coba yang dilakukan sebelumnya untuk memastikan jaminan keamanan, keselamatan, dan kenyamanan pelanggan MRT Jakarta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper