Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kejari Jakbar Usut Korupsi BOS dan BOP, Begini Respons Wagub DKI

Penyidik Kejaksaan Negeri Jakarta Barat telah menyita puluhan dokumen terkait perkara dugaan tindak pidana korupsi di lingkungan Dinas Pendidikan DKI Jakarta yang diperkirakan merugikan negara hinigga Rp7,8 miliar.
Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria saat dijumpai di Balai Kota DKI Jakarta pada Kamis (10/9/2020). Nyoman Ary Wahyudi
Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria saat dijumpai di Balai Kota DKI Jakarta pada Kamis (10/9/2020). Nyoman Ary Wahyudi

Bisnis.com, JAKARTA — Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria tak mempersoalkan proses penyidikan perkara dugaan korupsi pengelolaan dana BOS dan BOP tahun anggaran 2018 hingga 2019 di lingkungan Kantor Suku Dinas Pendidikan Jakarta Barat I dan SMKN 53 Cengkareng. 

Tim Penyidik Kejaksaan Negeri Jakarta Barat telah menyita puluhan dokumen terkait perkara dugaan tindak pidana korupsi yang diperkirakan merugikan negara mencapai Rp7,8 miliar di lingkungan Dinas Pendidikan DKI Jakarta tersebut. 

“Kami tidak ada masalah setiap pejabat untuk dicek, diperiksa, diawasi, dipantau, memang kita saling mengisi antara sesama esekutif membangun, pihak Kejaksaan memang memeriksa, polisi juga demikian,” kata Ariza di Balai Kota DKI Jakarta, Selasa (25/5/2021). 

Kendati demikian, dia menegaskan, anggaran di lingkungan Dinas Pendidikan DKI Jakarta itu pasti telah melalui pembahasan yang matang di antara esekutif dan DPRD DKI Jakarta. Setelah itu, dia menggarisbawahi, ada sistem penyerapan anggaran yang diawasi terkait penggunaan alokasi anggaran tersebut. 

“Prinsipnya, seluruh proses pembangunan kita laksanakan sesuai dengan regulasi yang ada, SOP yang ada, aturan yang ada dan proses diallui secara baik,” tuturnya.

Sebelumnya, Tim Penyidik Kejaksaan Negeri Jakarta Barat menyita puluhan dokumen terkait perkara dugaan tindak pidana korupsi pengelolaan dana BOS dan BOP tahun anggaran 2018 - 2019. 

Kepala Seksi Penerangan Hukum Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta, Ashari Syam mengemukakan bahwa puluhan dokumen itu disita dari sejumlah ruangan di Kantor Suku Dinas Pendidikan Jakarta Barat I dan di SMKN 53 Cengkareng terkait dugaan tindak pidana korupsi pengelolaan dana BOS dan BOP. 

"Dari hasil penggeledahan itu, disita dokumen, SPJ, notulensi rapat dan banyak dokumen lain," kata Ashari saat dikonfirmasi di Jakarta, Selasa (25/5/2021).

Dia menjelaskan bahwa penggeledahan dilakukan pada Senin 24 Mei 2021 sejak pukul 13.00 WIB - 20.30 WIB di dua lokasi yang berbeda. 

Ashari menjelaskan alasan tim penyidik Kejaksaan Negeri Jakarta Barat menggeledah dua lokasi itu agar tersangka MF selaku Staf pada Sudin Pendidikan Jakarta Barat dan tersangka W selaku eks Kepala Sekolah SMKN 53 Cengkareng Jakarta Barat tidak menghilangkan barang bukti. 

"Agar tersangka tidak menghilangkan barang bukti dan menambah alat bukti dan barang bukti guna kepentingan pembuktian di persidangan," ujarnya.

Dalam perkara yang diduga merugikan keuangan negara sebesar Rp7,8 miliar itu, tim penyidik Kejari Jakarta Barat telah menetapkan dua tersangka berinisial MF dan W.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Edi Suwiknyo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler